Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 5 Oktober 2017 | 21:53 WIB
  • Masyarakat Sukabumi Nikmati Listrik Tambahan dari Remaja Ini

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Fikri Halim
Masyarakat Sukabumi Nikmati Listrik Tambahan dari Remaja Ini
Photo :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim
Gamma Abdurrahman Tohir (tengah).

VIVA.co.id – Masyarakat Desa Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat, akhirnya menikmati tambahan penerangan listrik.

Melalui proyek Micro Hydro for Indonesia yang diinisiasi Gamma Abdurrahman Tohir (17), membuat lebih dari 75 rumah tangga di Kasepuhan Ciptagelar berhasil mendapatkan akses listrik.

Sumber energi listrik ini didapat melalui pembangkit listrik kecil tenaga air skala mikro (Micro Hydro) yang memiliki kapasitas 40 KW. Desa itu diketahui berada di bawah kaki Gunung Halimun, Sukabumi, di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar, mengapresiasi program pemanfaatan listrik seperti yang diinisiasi dan dikembangkan oleh Gamma.

Ia berharap, keberhasilan Gamma menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di seluruh Indonesia dalam berkontribusi aktif bagi masyarakat.

“Pemerintah mendukung penuh inisiatif dan kreativitas anak muda seperti yang telah dilakukan oleh Gamma. Proyek Micro Hydro for Indonesia ini tidak sekadar untuk kepuasan personal, tapi mampu menggerakkan anak muda," katanya di @america Pacific Place, Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.

Arcandra yakin dengan kontribusi nyata generasi muda seperti yang dilakukan Gamma, aliran listrik bagi masyarakat segera bisa merata dan menerangi Indonesia. Apalagi dengan kreativitas yang dimiliki para pemuda, berbagai persoalan yang ada di lapangan pasti bisa ditemukan solusinya.

“Tantangan utama dalam mengembangkan energi terbarukan adalah persoalan teknis, dan anak-anak muda yang penuh dengan kreativitas seperti Gamma pasti bisa menciptakan solusinya,” kata Arcandra.