Jokowi Cek Bandara Komersial Baru, Trunojoyo di Sumenep

Bandara Trunojoyo, Sumenep, Madura, Jawa Timur
Sumber :
  • Veros Afif (VIVAnews)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo dijadwalkan meninjau Bandara Trunojoyo yang berada di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada Minggu 8 Oktober 2017. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menyambut Presiden Jokowi langsung di lokasi.

Pengendara Motor Ini Minta Ganti Rugi Usai Ambil Jalur Mobil hingga Adu Banteng, Netizen Geram

Dijadwalkan, Presiden akan mendarat di bandara yang baru difungsikan untuk komersial tersebut. Menurut informasi yang diterima, Presiden akan mendarat sekitar pukul 09.00 WIB.

Bandara Trunojoyo ini mulai dioperasikan pada 30 November 2010. Pada awal peresmiannya, baru sekadar digunakan untuk sekolah penerbangan. Baru 7 tahun kemudian, pada 27 September 2017 lalu dibuka jalur untuk komersial.

Legislator Golkar Pendatang Baru Eric Hermawan Dapat Sambutan Hangat Airlangga

Untuk rute komersial yang baru dilayani adalah Sumenep-Madura dengan pesawat jenis ATR. Penerbangan perdana dari Surabaya ke Sumenep dilakukan oleh pesawat ATR-72-600 yang mengangkut 69 penumpang, serta dari Sumenep ke Surabaya dengan membawa 72 penumpang.

Bandara Trunojoyo ini juga digunakan oleh beberapa sekolah pilot seperti Merpati Pilot School, Aviatera Training, Global Aviation, Nusa Flying School dan Loka Banyuwangi.
 
Untuk landasan pacu Bandara Trunojoyo yakni 1600 Meter x 30 Meter dan dua apron. Apron I seluas 40 Meter x 40 Meter. Lalu apron II dengan luas 75 Meter x 80 Meter. Sementara itu, gedung terminal seluas 12 Meter x 11 Meter dan gedung operasional seluas 144 Meter persegi.
 

Mushola Jadi Gudang Petasan Digerebek Polisi, Satu Pelaku Diamankan
Viral! Bocah 4 Tahun di Madura Tunangan, Ternyata Ini Alasannya

Viral! Bocah 4 Tahun di Madura Tunangan, Ternyata Ini Alasannya

Momen pertunangan atau tunangan bocah berusia 4 tahun asal Desa Banjar Tabuluh, Kecamatan Camplong, Madura, Jawa Timur (Jatim) viral di media sosial sejak Rabu, (17/4).

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024