Mandiri Tetap Kenakan Biaya Top Up e-Money Ritel, Kok Bisa?

Sejumlah kartu e-Money atau uang elektronik.
Sumber :
  • Raden Jihad Akbar/VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Bank Mandiri Tbk telah gratiskan biaya isi ulang uang elektronik atau top up e-money di infrastruktur milik sendiri atau top up di infrastruktur ATM bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Namun, perusahaan pelat merah ini tetap mengenakan biaya sebesar Rp1.000 di toko ritel modern.

Cara Agar Saldo Tiket Transjakarta Tak Hilang Saat Kartunya Hilang

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Rohan Hafas menerangkan, pihaknya telah menerapkan free untuk top up e-money di ATM, EDC atau pun lewat smartphone yang telah menggunakan sistem Near Field Communication (NFC).

"Yang tidak free hanya di ritel dan pengertian tidak free itu bukan berarti biaya itu diambil Mandiri, itu tidak, toko ritel itu kena Rp1.000 untuk top up karena orang ke toko ritel bawa tunai, bukan dari rekening dikasih kasir kaya beli pulsa," kata Rohan di kantor Kementerian BUMN, Senin 9 Oktober 2017.

Naik LRT Jabodebek Bisa Pakai LinkAja di 18 Stasiun

Ia melanjutkan, fee sebesar Rp1.000 rupiah itu akan menjadi biaya dari toko ritel itu sendiri. Dalam artian, seperti 'uang' jalan yang harus dibayar konsumen.

"Tunainya ini kan punya manajemen, mereka harus kumpulin. Dia bawa ke bank setorin nah itu fee-nya untuk toko," ujar dia.

Gubernur BI: Penggunaan Uang Elektronik 2023 Diprediksi Capai Rp 495 Triliun

Rohan pun menilai wajar jika top up e-money di bank yang bukan BUMN akan dikenakan biaya penarikan. Begitu pun halnya jika bank swasta melakukan top up di ATM Himbara.

"Kalau di ATM link free semua. Kalau di luar link, ya kalau nasabah swasta top up e-money di ATM mandiri, dia enggak punya rekening mandiri dan dia kena, ya logis lah ya, kalau dia nasabah mandiri lalu top up di mandiri atau link dia free," tegas dia.  (hd)

Bank Mandiri mengenalkan e-money edisi khusus Nusantara

Tingkatkan Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Hadirkan e-money Edisi Khusus Nusantara

Bank Mandiri bersama dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengenalkan kartu uang elektronik atau e-money edisi khusus Nusantara dalam perhelatan Nusantara Fair 2024.

img_title
VIVA.co.id
27 Januari 2024