Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 07:00 WIB
  • Lima Cara Hemat Bangun Rumah

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Lima Cara Hemat Bangun Rumah
Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Pekerja melakukan proses pembangunan rumah

VIVA.co.id – Memiliki rumah idaman adalah mimpi semua orang. Yang jadi masalah adalah membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Bahkan, sangat mahal bagi kebanyakan orang. Lantas, apakah mungkin membangun rumah dengan biaya yang hemat? Hal itu mungkin saja, selama Anda menerapkan strategi yang tepat. 

Halomoney.co.id mengulas bagaimana strategi yang tepat, agar pembangunan rumah bisa efisien. Anda bisa menimbang cara berikut ini:

1. Matangkan konsep

Rumah dibangun dengan tujuan untuk didiami dalam jangka waktu lama. Maka itu, jangan sampai membangun rumah asal-asalan, sehingga melahirkan penyesalan di kemudian hari.

Buatlah konsep rumah yang matang. Anda bisa memakai jasa arsitek untuk membantu Anda memaksimalkan konsep dan anggaran yang dimiliki. Misalnya, bersama arsitek Anda bisa meminta konsep rumah tumbuh, sehingga Anda bisa menyesuaikan pembangunan dengan kemampuan kantong.

2. Bangun bertahap

Konsep rumah tumbuh memungkinkan Anda membangun rumah dengan bertahap sesuai bujet, namun tetap memastikan fungsi utama rumah terpenuhi. Dengan bangun bertahap, Anda tidak perlu memaksakan rumah langsung jadi 100 persen. 

Yang terpenting adalah pondasi dan fungsi utama rumah seperti kamar tidur, kamar mandi, tersedia.

3. Pilih desain hemat

Banyak desain rumah yang bisa membantu Anda berhemat anggaran pembangunan. Misalnya, desain minimalis industrial yang menonjolkan fungsi ruang dan mengekspos raw material, bisa membantu Anda berhemat. 

Desain industrial misalnya, bisa membantu Anda menghemat biaya semen, biaya plafon, dan sebagainya.

4. Optimalkan tabungan

Jangan terburu mengajukan pinjaman untuk mendanai pembangunan rumah Anda. Usahakan memanfaatkan secara optimal aset yang Anda miliki saat ini untuk mendanai pembangunan. Gunakan tabungan atau deposito Anda. Bila masih kurang, barulah Anda menimbang pinjaman.

5. Gunakan jasa terpusat

Ketika memakai jasa arsitek, Anda bisa menimbang untuk meminta jasa kontraktor dan desain interior sekaligus. Biasanya arsitek melengkapi jasanya dengan jasa desain interior dengan harga lebih murah, ketimbang membeli jasa terpisah. 

Begitu juga dengan jasa kontraktor. Memakai jasa mandor bangunan dapat lebih hemat ketimbang Anda memakai jasa kontraktor. (asp)