Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 20:57 WIB
  • Menhub Minta Pelabuhan Tanjung Priok Buka 7 Hari Penuh

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Chandra G. Asmara
Menhub Minta Pelabuhan Tanjung Priok Buka 7 Hari Penuh
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendesak PT Pelabuhan Indonesia II untuk membuka pelabuhan Tanjung Priok selama tujuh hari penuh. Hal itu dilakukan, untuk meningkatkan kinerja dalam pengelolaan pelabuhan Tanjung Priok.

“Selama seminggu full, seharusnya Tanjung Priok buka. Kami coba lagi, tidak ada waktu off,” kata Budi dalam Indonesia CEO Talk di The Hermitage, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Menurut Budi, jika pelabuhan Tanjung Priok bisa buka selama tujuh hari dalam satu minggu, hal itu akan memberikan keuntungan bagi PT Pelindo II sebagai pengelola dari sisi keekonomian. Hal ini, juga akan memberikan multiplier effect bagi perusahaan pelat merah itu.

Dengan pelayanan penuh selama satu minggu, maka Pelindo II pun bisa meningkatkan pelayanan, terutama dari sisi arus keluar masuk kargo. Dengan demikian, diharapkan dapat memicu aktivitas ekonomi yang produktif, sehingga berkontribusi bagi perekonomian.

“Saya pikir, mau tidak mau harus mendorong pelabuhan ini, agar memberikan service yang baik. Jadi, logistik Indonesia mampu membawa perekonomian lebih baik,” katanya.

Meski demikian, Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G. Masassya mengaku sulit untuk menerima pelayanan pada akhir pekan. Sebab, Pelindo tidak bekerja sendirian, karena ada beberapa pemangku kepentingan terkait lainnya.

“Mohon maaf pak menteri, karena tidak mungkin teman-teman tidak libur,” ujarnya.