Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 16:38 WIB
  • Tujuan Jasa Marga Gratiskan Beli Kartu E-Money di Jalan Tol

  • Oleh
    • Dusep Malik,
    • Fikri Halim
Tujuan Jasa Marga Gratiskan Beli Kartu E-Money di Jalan Tol
Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
sorot non tunai - gerbang tol e-toll - kartu

VIVA.co.id – PT Jasa Marga Tbk, mengungkapkan tujuan diberlakukannya diskon pembelian kartu e-money di jalan tol. Pembelian kartu uang elektronik itu akan digratiskan bagi pembeli pertama e-money dengan harga sesuai dengan saldo yang ada di dalam kartu tersebut.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk, Dwimawan Heru Santoso mengatakan, pengguna jalan tol Jasa Marga yang menggunakan transaksi elektronik, telah mencapai 79 persen. Dengan demikian, saat ini masih tedapat 21 persen pengguna jalan tol Jasa Marga yang belum beralih menggunakan transaksi elektronik. 

"Diharapkan, melalui program insentif ini, 21 persen pengguna jalan tol dapat segera berpindah menggunakan transaksi elektronik, sehingga pada akhir Oktober target pemerintah untuk 100 persen transaksi elektronik di jalan tol dapat tercapai," kata Heru dikutip dalam keterangan resminya, Rabu 11 Oktober 2017. 

Ia mengatakan, seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan perbankan secara bersama-sama akan memberikan insentif, agar mempercepat pengalihan ke transaksi elektronik. Ini sejalan dengan program Pemerintah dan Bank Indonesia untuk meningkatkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dalam bentuk elektronifikasi jalan tol. 

Insentif ini diberikan dalam bentuk diskon, di mana BUJT dan Perbankan masing-masing memberikan diskon Rp10 ribu untuk pembelian kartu perdana. Dengan demikian, total diskon kartu perdana yang diberikan adalah sebesar Rp20 ribu.

Dengan adanya diskon Rp20 ribu tersebut, ketika melakukan pembelian kartu perdana, maka konsumen tidak perlu membayar harga kartu perdana dan cukup membayar jumlah rupiah yang sama dengan saldo yang konsumen dapatkan.

"Periode berlakunya penawaran ini adalah 16 Oktober 2017 sampai dengan 31 Oktober 2017," ujarnya.

Ia melanjutkan, program ini lebih ditujukan kepada mereka yang belum memiliki kartu uang elektronik, sehingga bagi yang sudah memiliki diimbau untuk tetap menggunakan kartu yang sudah dimilikinya dan menggunakan kartunya secara berkala dengan top up saldo melalui channel top up yang sudah disediakan oleh masing-masing bank penerbit uang elektronik.

Perlu diketahui, saat ini, kartu e-money yang akan diberikan oleh PT Jasa Marga beserta BUJT adalah kartu dengan isi saldo sebesar Rp50 ribu. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan diskon tersebut dengan menukar sebesar Rp50 ribu dan mendapatkan saldo yang sama, sebab biaya pembelian kartu sebesar Rp20 ribu sudah ditanggung BUJT dan Jasa Marga. (asp)