Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 12 Oktober 2017 | 06:48 WIB
  • Punya Blog dan Ingin Hasilkan Banyak Uang, Ini Caranya

  • Oleh
    • Dusep Malik
Punya Blog dan Ingin Hasilkan Banyak Uang, Ini Caranya
Photo :
Ilustrasi blogger.

VIVA.co.id – Semakin majunya teknologi memang memberikan dampak positif yang cukup besar di berbagai sektor kehidupan. Salah satunya peluang mendulang untung melalui blog. Jika dulunya blog hanya digunakan sebagai media tuliskan ide dan pikiran ataupun menyalurkan hobi, kini blog dapat menjadi sarana pemasukan tambahan.

Dikutip dari Cermati.com, Kamis 12 Oktober 2017, sekarang ini banyak bisnis yang menjadikan blog sebagai media untuk memasarkan sebuah produk. Bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis lewat blog, berikut ini ada beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis lewat blog.

1. Strategi meningkatkan kunjungan lewat konten

Ketika Anda berencana membuat blog yang ditujukan untuk berbisnis, ada baiknya jika membuat rencana bisnis serta strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis tersebut. Anda bisa memulai dengan memperbanyak konten pada blog Anda.

Cobalah untuk memasukkan berbagai konten yang menarik. Dibandingkan dengan mengunggah postingan setiap hari, akan lebih baik jika Anda memasukkan konten, seperti infografis, videografis, hingga video-video yang bersangkutan.

Catat siapa saja yang mengunjungi blog Anda dan bagikan jumlah dari blog viewer tersebut. Cobalah agar bisa meningkatkan pengunjung blog setiap saat. Meskipun membutuhkan waktu yang tak sebentar, yang terpenting adalah konsistensi Anda dalam berstrategi.  Usahakan untuk terus meningkatkan pengunjung di blog Anda dengan selalu meng-update konten terbaru dan menarik.

2.Buat isi blog yang menarik perhatian

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai isi blog. Hal ini merupakan pertanyaan yang sering kali ditanyakan di bidang pemasaran dan komunikasi. Bagaimana cara yang tepat untuk mendapat perhatian dari pembaca? Lalu, kalau sudah mendapatkannya, bagaimana untuk mempertahankannya agar tetap bertahan?

Hal ini akan sangat berkaitan mengenai isi blog Anda. Untuk itu, buatlah isi blog yang semenarik mungkin. Kalau bisa, usahakan agar subjek dan keyword-nya mudah ditemukan sehingga membuat orang tertarik membacanya. Untuk menentukan isi konten yang dapat menarik pembaca, Anda bisa menganalisis dari pengunjung yang datang ke blog. Perhatikan unggahan apa yang sering dibaca pengunjung Anda tersebut.

3. Jalin komunikasi yang baik dengan sesama blogger

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menjalin hubungan baik dengan blogger lainnya. Anda harus bertanggung jawab atas setiap tulisan yang diunggah. Untuk itu, balaslah setiap komentar yang ada. Jika perlu, Anda bisa melanjutkan untuk terus membalas setiap komentar, bahkan hingga menciptakan komunitas dalam blog Anda.

Anda juga bisa melanjutkannya ke media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram sehingga pengikut Anda di media sosial mengetahui postingan blog Anda. Usahakan juga agar dapat terlibat dengan blogger lainnya. Buatlah suasana blog Anda menjadi lebih hidup dan tidak sepi. Manfaatkan pula setiap kesempatan untuk berdiskusi dengan blogger lainnya. Bahkan, Anda juga bisa menawarkan kolaborasi dengan blogger lainnya untuk sebuah posting-an.

4. Pemasaran

Ketika menjalankan bisnis, tentunya akan selalu berkaitan dengan pemasaran. Sama halnya dengan bisnis melalui blog, tentunya membutuhkan pemasaran yang tepat agar dapat berkembang dan sukses. Ketika memasarkan blog Anda, tentu sangat sulit dilakukan saat hanya memiliki waktu yang terbatas.

Untuk itu, cobalah mencari waktu satu hari penuh untuk memasarkan segala konten yang ada dalam blog. Anda bisa memanfaatkan setiap media sosial yang dimiliki sebagai media promosi. Anda juga bisa menggunakan cara bekerja sama dengan salah satu produk agar mau memasang iklan di blog Anda. Hal ini akan sangat memengaruhi jumlah pengunjung dari blog Anda. (ren)