Cerita Menhub Budi Dimaki-maki Atur Taksi Online

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika menumpang taksi untuk menginspeksi uji coba bus Transjabodetabek trayek Bekasi-Senayan pada Selasa, 19 September 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani

VIVA – Kementerian Perhubungan merevisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek alias taksi online. Aturan itu bertujuan untuk mengatur tata usaha moda transportasi tersebut. 

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Karena mengeluarkan aturan itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku sering dimaki-maki masyarakat dan netizen. Padahal, dengan aturan itu bisnis ini bisa lebih berkembang.

"Saya dimaki-maki orang atur tarif batas atas bawah, dimaki-maki orang masalah stiker. Supaya ini eksis. Ini supaya diatur," kata Budi dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Rabu 25 Oktober 2017.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Peraturan mengenai transportasi online, kata Budi, adalah bagian terima kasih dirinya terhadap munculnya transportasi online. Penolakan yang terjadi saat ini adalah hal yang wajar.

"Coba kalau tidak ada aturan ini, saya diuber-uber kalau saya ngomong. Kan enggak ada dasar hukumnya," katanya.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Budi khawatir bila pemerintah tak mengatur taksi online, maka akan terjadi monopoli di sektor transportasi. Jika itu terjadi, dapat mematikan pelaku bisnis transportasi lainnya seperti yang terjadi dalam bisnis ritel saat ini.

"Dunia ritel kolaps. Anda beruntung, bertarung dalam satu kondisi yang bisa diatur. Ritel selesai semuanya," ujarnya.

TikToker Ibnu Wardani

Ramai Dihujat, Begini Klarifikasi Ibnu Wardani Soal Tarif Taksi di Jepang Seharga Rp1,4 Juta

TikTokers Ibnu Wardani dalam hal ini justru mengungkapkan, bahwa setiap orang pasti memiliki selera dan budget masing-masing untuk perjalanan seperti apa yang diinginkan.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2023