Menkeu Pastikan Pensiunan PNS Dapat THR Tahun Depan

Ilustrasi pasien stroke
Sumber :
  • Pixabay/ TusitaStudio

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan akan kembali memberikan Tunjangan Hari Raya kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil aktif pada tahun 2018 mendatang. Tak hanya aparatur negara, bendahara negara pun juga memutuskan untuk memberikan THR kepada pensiunan PNS.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengungkapkan, pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018 mengalokasikan anggaran belanja aparatur negara sebesar Rp365,8 triliun. Dana itu untuk meningkatkan reformasi birokrasi dalam meningkatkan pelayanan publik.

“Pensiunan aparatur negara akan mendapatkan THR tahun depan sama seperti PNS,” kata Askolani, dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2017.

Sah! Periode Kenaikan Pangkat PNS Kini 2 Bulan Sekali

Insentif kepada pensiunan hak abdi negara diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pengabdiannya selama berada di lingkungan birokrat. Selain diharapkan dapat memperbaiki taraf hidup para pensiunan PNS, insentif tersebut pun diharapkan dapat meningkatkan konsumsi rumah tangga masyarakat.

Selain pemberian insentif bagi pensiunan PNS, pemerintah pun memutuskan untuk menaikkan uang lauk pauk Tentara Nasional Indonesia maupun Kepolisian Republik Indonesia. Uang lauk pauk bagi seluruh penjaga keamanan negara menjadi Rp60 ribu orang per hari, atau naik dari yang sebelumnya Rp55 ribu orang per hari.

Oknum Satpol PP di Garut Dukung Cawapres, Plt PPP Ingatkan Instruksi Mendagri

Adapun pada tahun depan, gelontoran belanja aparatur negara dan pelayanan masyarakat juga akan mencakup perbaikan sistem dan manfaat pensiun aparatur negara. Sementara terkait dengan kesejahteraan aparatur dan pensiunan, juga mencakup pensiunan aparat pemerintah daerah. (one)

IKN Nusantara.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Sebanyak 121.626 orang PNS sudah mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai persiapan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024