E-Money Masih Dibagikan 'Gratis' di Pintu Tol

Ilustrasi e-Money.
Sumber :
  • Raden Jihad Akbar/VIVA.co.id

VIVA – Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum mengungkapkan, pembagian uang elektronik, atau e-Money secara cuma-cuma, alias gratis di beberapa pintu tol masih tersedia. Pengguna jalan tol hanya perlu membayar sejumlah saldo yang ada di dalam kartu uang elektronik tersebut.

Tarif QRIS Harus Ditunda, Gus Imin: UMKM Baru Bangkit

Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna mengatakan, hari pertama penerapan kebijakan transaksi non tunai di jalan tol, seluruh proses berjalan dengan baik dan belum menemukan kendala yang berarti. Pihaknya bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melakukan pemantauan di lapangan.

"Artinya, nanti terhadap yang masih terkendala, nanti akan dijual kartu, lalu dibantu tapping. Jadi, ada SOP (standar operasional prosedur)nya nanti di lapangan untuk itu," ujar Herry kepada VIVA.co.id saat dihubungi, Selasa 31 Oktober 2017. 

Keseruan Bertransaksi Non Tunai Menggunakan QRIS BNI Mobile Banking di BNI Java Jazz Festival 2023

Kartu itu, sambung dia, akan diberikan secara gratis sampai persediaan kartu diskon masih tersedia. Perbankan dan BUJT telah menyiapkan sebanyak 1,5 juta kartu yang dibagikan secara gratis.

"Jadi, selama persediaan ada ya kita lanjutkan (secara gratis). (Dari 1,5 juta) itu kan yang terpakai baru 44 persen, dari data kami. Masih ada sekitar separuh lebih yang bisa didistribusikan atau diteruskan, dengan diskon," kata dia.

Prioritaskan Layanan Prima, Transaksi Non Tunai Makin Diandalkan

Ditambahkannya, masyarakat yang menggunakan e-Money sudah hampir mencapai 100 persen, sehingga kebijakan non tunai di jalan tol diyakininya tidak akan bermasalah. Setelah kartu diskon itu habis, sambung dia, harga kartu akan kembali kepada harga awal.

"Akan kembali (ke harga awal), tetapi nanti kita evaluasi lagi. Tapi nanti, prinsipnya kembali ke harga awal. Tapi kan, kalau data terakhir, penetrasinya sudah 93 persen, ini kan sebagian besar pengguna tol sudah punya kartu," tutur dia.

Peluncuran Mandiri Contactless Solution

Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Pamer Layanan Mandiri Contactless

Bank Mandiri secara konsisten terus meningkatkan pemanfaatan transaksi non-tunai untuk mendorong efisiensi dan kenyamanan layanan digital nasabah.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023