Sri Mulyani Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 5,2%

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan).
Sumber :
  • Chandra Gian Asmara/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis capaian pertumbuhan ekonomi semakin membaik pada kuartal III  dan kuartal IV di 2017. Pada kuartal III sendiri, Sri Mulyani, memprediksi pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,2 persen, sedangkan kuartal IV akan mencapai 5,4 persen.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

"Untuk kuartal III sampai kuartal IV pemerintah mengestimasi kuartal III adalah 5,2 persen dan untuk kuartal IV 5,4 persen. Sehingga total seluruh tahun 5,17 persen," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di kantor Direktur Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa 31 Oktober 2017.

Di tempat yang sama, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, mengatakan, pihaknya secara umum menyambut baik bahwa ekonomi dunia terus bertumbuh. Tahun lalu ekonomi dunia tumbuh 3,2 persen dan tahun ini diprediksi sebesar 3,5 persen, sedangkan tahun 2018 diprediksi sebesar 3,6 persen.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

Seiring perbaikan ekonomi dunia, ekonomi Indonesia menurutnya akan turut membaik. Agus mengaku pihaknya tetap konsisten memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2017 berada di kisaran lima sampai dengan 5,4 persen.

"Kalau (pemerintah) di angka 5,17 (sepanjang tahun 2017), di kami angka 5,15," ujar Agus.

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2022 Maksimal 5,5 Persen

Agus menuturkan perbaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia disokong oleh peningkatan harga-harga komoditas andalan ekspor Indonesia pada 2017, yang diperkirakan naik 18 persen.

"Oktober itu bahkan kenaikannya 20 persen lebih," ujar dia.

Selain itu, menurut dia, volume perdagangan dunia juga diprediksi tumbuh sebesar 2,9 persen, naik dibanding tahun lalu yang sebesar 1,4 persen.

"Jadi meningkat tinggi. Kita juga lihat optimisme ekonomi Eropa yang mengalami perbaikan, lalu juga ekonomi China yang mengalami perbaikan. Secara umum dunia membaik," tuturnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya