Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 06:08 WIB
  • Tips agar Gaji Tiap Bulan Tak Hanya Numpang Lewat

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Tips agar Gaji Tiap Bulan Tak Hanya Numpang Lewat
Photo :
  • http://chrisveto.com
Ilustrasi terima gaji.

VIVA – Waktu gajian adalah saat yang menyenangkan bagi para pekerja. Sebagian besar dari mereka telah memiliki rencana untuk mengatur uang gaji tersebut. 

Sayangnya, masih saja ada orang yang selalu menghabiskan uang gajinya untuk hal yang tidak perlu. Saat masih berada di tengah bulan, orang sudah keteteran dengan kebutuhannya. Lain halnya dengan mereka yang begitu bijak dalam mengatur uang gaji yang diterima.

Gajian seharusnya menjadi momen pengingat, di mana Anda harus mulai menyimpan uang. Miliki lah tujuan khusus sebelum menerima gaji. Pastikan tujuan tersebut adalah untuk jangka pendek dan jangka panjang. 

Uang gaji yang Anda terima tentunya akan lebih teratur, jika penggunaannya sudah jelas. Hindari pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan dan bisa ditunda. 

Seorang perencana keuangan bernama Prita Ghozie akan memberikan empat cara mengatur gaji saat gajian tiba. Berikut ulasannya dikutip Cermati.com.

1. Anggarkan lima persen gaji Anda untuk investasi

Coba ingat kembali, bagaimana cara menghitung pengurangan uang dengan persentase. Hal tersebut akan membantu Anda menemukan jumlah yang pasti, untuk beberapa pos kebutuhan.

Salah satunya adalah untuk investasi. Buat anggaran untuk investasi sebesar lima persen dari gaji Anda. Kemudian, pelajari soal jenis investasi yang menguntungkan saat ini. 

Ketika sudah memahami, maka mulailah gunakan lima persen tersebut untuk berinvestasi jangka panjang. Anda bisa menikmati hasilnya di masa yang akan datang.

2. Sisihkan lima persen untuk dana darurat

Dana darurat akan Anda perlukan untuk mengatasi masalah-masalah yang sifatnya urgent dalam hidup. Oleh sebab itu, saat menerima gaji, cukup sisihkan lima persen juga untuk dana darurat. Pisahkan pos untuk dana darurat ini, jangan digabungkan dengan pos atau anggaran lainnya.

3. Membuat daftar pengeluaran

Coba Anda perhatikan pengeluaran yang ada di setiap bulannya. Jika tidak menuliskan pengeluaran tersebut, tidak akan pernah tahu pasti jumlah pengeluaran. Maka dari itu, disarankan untuk membuat daftar pengeluaran. 

Walaupun Anda merasa pengeluaran yang dilakukan masih skala kecil, daftar pengeluaran harus dibuat. Jika malas mencatat, gunakan aplikasi gratis di smartphone Anda untuk menyimpan daftar pengeluaran. Kategori pengeluaran akan lebih jelas, jumlah uang yang dikeluarkan juga lebih pasti.

4. Membayar secara tunai

Gaya hidup di zaman sekarang ini memang terbukti sangat instant. Keberadaan kartu kredit dan alat pembayaran lainnya, menjadikan malas untuk membayar secara cash

Padahal, membayar tunai justru akan meringankan beban Anda, tanpa utang. Biasakan untuk membayar tunai semua pengeluaran gaya hidup, agar bisa lebih hemat. 

Buatlah rekening khusus untuk beberapa anggaran keuangan

Agar Anda tidak harus pusing dengan pengaturan anggaran keuangan di atas, sebaiknya siapkan rekening khusus untuk anggaran tersebut. Bila perlu, miliki rekening bank lebih dari satu agar setiap anggaran yang dibuat memiliki tempat khusus yang aman dan mudah diakses.