Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 10:02 WIB
  • Donald Trump Tunjuk Jerome Powell Jadi Bos Fed

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Donald Trump Tunjuk Jerome Powell Jadi Bos Fed
Photo :
  • REUTERS/Joshua Roberts
Kandidaat Gubernur The Fed, jerome Powell

VIVA – Presiden Donald Trump menunjuk Anggota Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed), Jerome Powell menggantikan Janet Yellen sebagi Gubernur Federal Reserve. Penunjukan ini menandakan berlanjutnya kehati-hatian arah kebijakan moneter yang diterapkan. 

Dilansir dari Reuters, Jumat 3 November 2017, Powell (64) adalah seorang pengacara dan bankir yang ditunjuk menjadi dewan Fed pada 2012 oleh Presiden Barack Obama. 

Trump di Gedung Putih, Kamis waktu setempat menggambarkan bahwa Powell adalah sosok yang cerdas dan berkomitmen untuk meneruskan prestasi Yellen dalam mendorong ekonomi AS  setelah krisis keuangan 2007-2009.

"Jika kita ingin mempertahankan semua kemajuan ini, ekonomi kita memerlukan kebijakan moneter yang sehat dan pengawasan yang hati-hati," ujar Trump. 

Powell diketahui telah bekerja sama dengan Yellen selama lima tahun terakhir, mendukung kebijakan moneter dalam beberapa tahun terakhir. Dia juga berbagi kekhawatiran dengan Yellen terkait inflasi dan sangat berhati-hati dalam menaikkan suku bunga. 

Sebagai informasi, masa kerja Yellen sebagai Gubernur Fed akan berakhir pada Februari 2018, setelah pada 2014 mulai menjabat.

"Kami membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan mantap di Federal Reserve. Dia (Powell) akan memberikan hal itu," tegas Trump. (hd)