Mantan Wadirut Pertamina Jadi Petinggi Kementerian BUMN

Ahmad Bambang (tengah).
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian BUMN.

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, melantik Ahmad Bambang sebagai pejabat eselon I Kementerian BUMN hari ini. 

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Mantan wakil direktur utama PT Pertamina itu secara resmi menjabat sebagai deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN menggantikan Pontas Tambunan yang telah memasuki masa pensiun. 

Adapun pelantikan dilakukan pada pukul 11.00 WIB di lantai 21 Kementerian BUMN yang dilakukan secara tertutup. Pelantikan Ahmad Bambang dihadiri oleh sejumlah direksi BUMN. Tampak karangan bunga dari PT Pertamina menghiasi lobi Kementerian BUMN. 

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

"Iya, betul (Ahmad Bambang dilantik)," ungkap Deputi Bidang Energi, Logistik, dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah saat dikonfirmasi VIVA, di Jakarta, Jumat 3 November 2017.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ahmad Bambang telah mengikuti serangkaian lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) bersama beberapa petinggi BUMN lainnya. Di antaranya Silmy Karim yang menjabat sebagai direktur utama PT Barata Indonesia dan Didik Prasetyo yang kini ditugaskan menjadi direktur utama PT Rajawali Nusantara Indonesia.

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

"Ada proses lelang dan seleksi TPA (Tim Penilai Akhir)," ujar Edwin.

Abe, akrabnya disapa, sebelumnya sempat menjabat sebagai direktur pemasaran PT Pertamina. Dia kemudian diangkat oleh menteri BUMN, sebagai wakil direktur utama Pertamina mendampingi Dwi Soetjipto pada 2016. 

Namun, dia lantas dicopot sebagai wadirut berbarengan dengan Dwi Soetjipto pada Februari 2017, yang disebut-sebut karena isu matahari kembar, atau kepemimpinan ganda di tubuh Pertamina. Kini, Abe pun resmi membawahi sekitar 29 BUMN di sektor konstruksi dan transportasi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya