Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 6 November 2017 | 12:19 WIB
  • Ekonomi Melambat Menko, Menkeu, dan Gubernur BI Gelar Rapat

  • Oleh
    • Dusep Malik,
    • Fikri Halim
Ekonomi Melambat Menko, Menkeu, dan Gubernur BI Gelar Rapat
Photo :
  • VIVA.co.id/Chandra G Asmara
Menko Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani, dan Gubernur BI Agus Martowardojo

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur BI Agus Martowardojo berembuk mengenai perkembangan ekonomi Indonesia pagi ini, Senin 6 November 2017. Rapat itu dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai 10.30 WIB yang digelar di Gedung Menara Radius Prawiro Kompleks Bank Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, tak ada pembicaraan khusus dalam pertemuan tersebut selain menyoal perkembangan ekonomi Indonesia.

"Ya antara lain perkembangan ekonomi. Juga pembiayaan infrastruktur melalui instrumen-instrumen keuangan jadi ya dua itu terutama yang kita bicarakan," kata Darmin usai rapat, Senin 6 November 2017.

Mengenai angka pertumbuhan ekonomi kuartal III 2017, Darmin juga enggan berkomentar. Namun, Ia mengakui hal itu menjadi salah satu yang dibahas pada pertemuan pagi tadi.

"(Soal pertumbuhan ekonomi kuartal III), Tunggu (pengumuman BPS)," ujar dia.

Seperti diketahui, pada hari ini Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal III-2017 pada pukul 11.00 WIB. Berdasarkan rilis BPS, angka pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 5,06 persen. 

Angka ini, cukup jauh di bawah target pemerintah. Di mana, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat menargetkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia mencapai 5,2 persen. 

"Untuk kuartal III sampai kuartal IV pemerintah mengestimasi kuartal III adalah 5,2 persen dan untuk kuartal IV 5,4 persen. Sehingga total seluruh tahun 5,17 persen," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di kantor Direktur Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa 31 Oktober 2017.