Tips Agar Tak Rugi Belanja Baju di Toko Online

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Photo-Mix

VIVA – Olshop atau online shop, pasti kamu sudah tak asing lagi. Segala kebutuhan saat ini bisa dibeli secara online. Produk yang lebih bervariasi, promo menarik, dan lebih praktis menjadi alasan mengapa belanja online semakin diminati.

Lucu, Ada Seseorang yang Coba Menipu Kaesang

Menghabiskan waktu untuk berburu barang online menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi jika online shop tersebut memiliki koleksi terbaru. Waktu satu jam rasanya tak cukup hanya sekadar melihat-lihat koleksi di suatu toko online. Tak jarang juga, kamu memutuskan untuk membeli ketika barang tersebut sesuai keinginan. 

Apakah semua orang suka berbelanja online? Hasil dari survei mengatakan kalau sebagian masyarakat Indonesia tidak mau berbelanja online. Apalagi belanja baju. Ukuran dan model baju yang tidak sesuai menjadi alasan mengapa mereka ogah belanja secara online. 

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Apakah benar demikian? Bagi kamu yang masih ragu belanja online, simak tips dari Cermati.com cara belanja baju online.

1. Beli baju sesuai ukuran

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Tidak semua baju memiliki ukuran yang sama. Terkadang beda brand, beda pula ukurannya. Untuk itu, kamu perlu lebih teliti dan berhati-hati. Jika tidak mengamati hal ini dengan baik, yang ada ketidakpuasan muncul sesudah baju sampai di depan rumah. 

Sebagai pembeli yang cermat, coba perhatikan tabel ukuran yang disediakan situs belanja online. Jika tabel ukuran tidak tersedia, jangan enggan untuk menghubungi contact person untuk mendapatkan informasi ukuran yang akurat. Lakukan hal tersebut secara berkala sewaktu dibutuhkan.

2. Mengukur badan

Ukuran badanmu saat ini pasti berbeda dengan lima tahun sebelumnya. Apalagi jika berat badanmu naik, sudah pasti ukuran bajumu bertambah besar. Benar, tidak? Sebelum membeli baju,sebaiknya ukurlah badan dengan menggunakan meteran kain. 

Jika kamu tidak memilikinya, datangi tukang jahit terdekat. Sehabis mengukur, jangan lupa untuk menyimpan tabel ukurannya. Hal ini sangat berguna jika kamu ingin membeli baju online di kemudian hari.

3. Baca syarat dan ketentuan sebelum membeli

Setiap toko online memiliki aturan yang berbeda-beda terkait cara pembelian. Sebelum berbelanja, coba luangkan waktu untuk membaca semua syarat dan ketentuan. 

Cari informasi mengenai pengiriman, metode pembayaran yang tersedia, dan cara pengembalian barang. Jika suatu saat ada ketidakpuasan, kamu bisa berkomentar atau bahkan menukarkan produk yang telah dibeli tadi.

4. Membaca testimoni pembeli

Agar mendapat kepercayaan dari pembeli, sebuah online shop wajib memiliki kumpulan testimoni pelanggan. Testimoni ini berupa ulasan mengenai produk yang dibeli. Tak hanya itu saja, mengenai pengiriman, harga, kualitas, dan pelayanan juga termasuk dalam kategori testimoni. 

Sebelum membeli produk, luangkan waktu untuk membuka website atau akun media sosial olshop yang bersangkutan. Baca testimoni pembeli satu per satu. 

Jika isi testimoni bagus, lakukan pembelian secepatnya sebelum baju idamanmu habis terjual. Jika testimoni buruk, pikir-pikir lagi ketika hendak membeli agar kamu tidak tertipu.

5. Menyimpan struk pembayaran

Sudah menemukan baju idaman? Jangan lupa lakukan pembayaran agar barang pesananmu segera diproses. Setelah membayar, simpanlah bukti pembayaran. Sebagian online shop meminta bukti pembayaran ketika kamu hendak melakukan konfirmasi pembayaran. 

Struk pembayaran tersebut nantinya dapat kamu foto dan kirimkan ke alamat email customer service. Bisa juga melalui akun sosial media yang tersedia.

6. Berhati-hati ketika membuka pembungkus produk

Barang yang dikirim ke alamatmu sudah pasti akan dibungkus sedemikian rupa. Tujuannya agar barang tersebut tidak rusak atau cacat. Saat barang olshop sampai di rumah, bukalah plastik pembungkusnya secara perlahan. 

Jangan asal sobek saja. Ambil gunting dan lakukan pemotongan dengan rapi. Sewaktu barang yang dibeli tidak sesuai, kamu bisa mengembalikannya. Biasanya pengembalian barang harus dibungkus dengan plastik yang sama dan harus rapi. Untuk itu, jangan asal sobek saja ya.

7. Jangan lepaskan cap harga

Tips terakhir yang tak kalah pentingnya adalah jangan melepaskan cap harga pada baju. Sebelum mencoba baju, lakukan pemeriksaan secara keseluruhan. 

Apakah baju tersebut cacat atau tidak. Jika tidak, copotlah cap harganya. Jika cacat, cap harga jangan dilepas. Segera hubungi pihak customer service toko online dan lakukan pergantian barang. Agar penyesalan tidak datang saat belanja online, lakukan tujuh tips di atas. Semoga bermanfaat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya