Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 9 November 2017 | 15:30 WIB
  • Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Incar 40 Persen Saham Danamon

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Incar 40 Persen Saham Danamon
Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy
Bank Danamon

VIVA – Sebanyak 40 persen saham Bank Danamon dikabarkan bakal dicaplok oleh Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG). Harga yang ditawarkan untuk saham tersebut senilai US$1,8 miliar atau Rp24,4 triliun (kurs Rp13.580 per dolar AS). 

Dilansir dari Reuters, 9 November 2017, Bank of Tokyo-MUFG bermaksud untuk membeli saham Danamon melalui Temasek Holding. Diketahui, Temasek merupakan pemegang saham utama Danamon. 

Lebih lanjut sumber Reuters itu mengatakan, MUFG berencana encapai kesepakatan dasar atas pembelian tersebut tahun ini. Sehingga pada April tahun depan rencana itu sudah dapat diwujudkan. 

Bank terbesar di Jepang itu juga berharap bisa menjadi pemegang saham mayoritas Danamon di masa depan, jika mendapatkan persetujuan pemerintah Indonesia. Saham Danamon pun melejit 11 persen pada awal perdagangan hari ini. 

Dalam kesempatan berbeda, Bank Danamon Indonesia mengatakan, kantor pusatnya di Singapura telah menerima penawaran pembelian saham tersebut. Namun, siapa yang melakukan penawaran tersebut belum bisa dipublikasikan. 

"Kami mengerti bahwa ketertarikan ini tergantung pada negosiasi lebih lanjut. Tidak pasti transaksi itu akan dilaksanakan," ujar Sekretaris Perusahaan Bank Danamon, Rita Mirasari.