Begini Tips Irit Pakai Gas Elpiji

Kenaikan Harga Gas Elpiji
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Sekarang zamannya serba mahal, harus pandai berhemat, termasuk hemat dalam penggunaan gas elpiji. Sejak Maret 2015, harga elpiji 12 kilogram naik dari harga awal.

Beli Gas 3 Kg Sertakan KTP, Warga Depok Curiga Dipakai untuk Data Pinjol

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan gas elpiji tentu sangat merasakan dampak kenaikan harga tersebut. Sementara itu, kebutuhan memasak dan lainnya tetap harus berjalan. Di sisi lain Anda ingin bisa berhemat.

Pengguna gas elpiji mulai harus memikirkan berbagai cara untuk bisa berhemat dalam penggunanya. Berhemat gas elpiji ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Ledakan Hebat Terjadi Dekat Pelabuhan Kamal Bangkalan, 4 Rumah Rusak Berat

Beberapa cara tersebut bahkan dapat dilakukan sendiri. Cara yang dilakukan terhadap penggunaan gas elpiji ini agar lebih hemat juga cukup mudah.

Berikut ini empat cara mudah berhemat gas elpiji seperti dikutip dari Cermati.com, pada Senin 13 November 2017:

Jaga Gengsi di Mata Mantan Istri, Pria di Garut Malah Masuk Bui

1. Pastikan memasak dengan warna api biru

Coba Anda atur pengaturan udara dari gas tersebut, hingga menghasilkan api yang berwarna biru. Nyala api biru ini akan cukup panas saat digunakan untuk memasak makanan, bila dibandingkan dengan warna merah pada apinya.

Api biru dapat membuat makanan lebih cepat matang. Dengan begitu, memasak dengan api biru membuat gas elpiji menjadi lebih hemat.

2. Digunakan sesuai kebutuhan

Memasak makanan atau memasak air, memerlukan penggunaan gas yang cukup sering. Cobalah untuk mengurangi porsi makanan atau kegiatan memasak air tersebut agar tidak terlalu sering.

Anda bisa memanfaatkan teko listrik untuk memasak air, sehingga gas hanya digunakan untuk memasak makanan saja. Untuk kegiatan memasak, Anda juga dapat memasak dalam porsi besar untuk dikonsumsi selama beberapa hari, sehingga makanan tersebut tidak dimasak setiap hari.

3. Gas elpiji aman dan nyaman

Ini adalah kegiatan yang wajib Anda lakukan jika menggunakan gas elpiji di rumah. Lakukan pengecekan tanda kedaluwarsa dari tabung gasnya. Tanggal kedaluwarsa ini terdapat pada bagian pegangan tangan gasnya.

Sebaiknya, dalam membeli gas elpiji, perhatikan kelayakan pakainya. Anda juga bisa membeli regulator otomatis untuk mencegah gas tidak keluar jika tidak ada sumber api. Hindari kebocoran gas yang akan membahayakan.

4. Hangatkan tabung gas

Gunakan alas agar tabung gas lebih hangat. Anda bisa memanfaatkan papan kayu biasa sebagai alasnya, atau di beberapa supermarket biasanya dijual alas khusus untuk gas elpiji yang sudah ada rodanya.

Hubungannya dengan berhemat elpiji adalah saat udara sekitar sedang dingin, gas elpiji yang tidak memakai alas akan mengalami pengurangan volume gas, tentu itu merugikan. Sebaiknya, selalu gunakan alas agar gas elpiji aman dan lebih hangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya