Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 15:30 WIB
  • Bill Gates Mau Bangun Kota Pintar Rp1 Triliun

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Bill Gates Mau Bangun Kota Pintar Rp1 Triliun
Photo :
  • REUTERS/Mike Segar
Juragan Microsoft, Bill Gates.

VIVA – Konglomerat Bill Gates dikabarkan telah membeli sekitar 25 ribu hektare tanah di Arizona Barat, Amerika Serikat, untuk membangun kota pintar. Tak tanggung-tanggung, komitmen investasi yang bakal dikucurkan juragan Microsoft untuk proyek kota itu mencapai US$80 juta, atau sekitar Rp1,08 triliun (Kurs Rp13.580 per dolar Amerika Serikat). 

Dilansir dari Business Insider, Selasa 14 November 2017, komitmen investasi Gatest akan proyek itu akan disalurkan melalui salah satu perusahaannya, Belmont Partners. Kota pintar tersebut akan terdiri dari kantor, pertokoan, sekolah dan hunian. 

Dijabarkan, sekitar 3.800 hektare akan dikhususkan untuk kantor, area komersial dan ritel. Sementara itu 470 hektare akan digunakan untuk sekolah. Kemudian sebanyak 80 ribu tempat tinggal untuk 182 ribu orang akan dibangun di kota ini. 

Belmont menggambarkan, nantinya kota itu akan memiliki internet berkecepatan tinggi, mobil yan secara otomatis bisa berkemudi dan berbagai macam teknologi manufaktur yang modern. 

"Percobaan komunitas baru di kota pintar ini bisa dijadikan contoh bagi kota-kota lainnya secara nasional ataupun global," ujar Direktur Pusat Penelitian di National Leaguee of Cities, Brooks Rainwater. (ren)