Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 18:08 WIB
  • Saran PLN ke Masyarakat Soal Penyederhanaan Golongan Listrik

  • Oleh
    • Dusep Malik,
    • Fikri Halim
Saran PLN ke Masyarakat Soal Penyederhanaan Golongan Listrik
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Petugas PLN memeriksa meteran listrik.

VIVA – Jika kebijakan penyederhanaan golongan listrik diterapkan, lebih dari 23 juta Miniature Circuit Breaker (MCB) akan diganti. Biaya penggantiannya pun bakal ditanggung oleh PLN.

Menyoal urusan keamanan, Kepala Divisi Niaga PT PLN, Benny Marbun mengatakan, pihaknya yakin tidak akan ada masalah keamanan penambahan daya dan instalasi. Asalkan, standar instalasi listrik yang dipasang di rumah pelanggan sesuai dengan standar yang benar.

"Kalau instalasi listrik di rumah dipasang dengan standar yang benar, maka sampai arus 25 ampere masih mampu," kata Benny kepada VIVA melalui pesan singkat, Rabu 15 November 2017.

Untuk itu, Ia menyarankan, bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan penyederhanaan golongan ini, harus memastikan instalasinya masih berjalan dengan baik.

"Karenanya, bagi yang mau memanfaatkannya, disarankan memastikan bahwa instalasinya masih baik. Bisa diminta Lembaga Inspeksi Teknik untuk mengeceknya," ujar dia.

Diketahui, PT PLN pun telah diminta oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius untuk melakukan survei dan Forum Group Discussion (FGD) terkait kebijakan penyederhanaan golongan listrik non subsidi. Survei ini dilakukan untuk mendengar suara rakyat.

Namun Benny Marbun mengatakan, pihaknya belum melakukan survei tersebut "Survei belum dilakukan. Konferensi pers (ditunda) hanya sekedar menunggu jadwal yang pas saja," ujar dia.

Ia pun menegaskan penyederhanaan golongan tarif listrik tidak akan menaikkan tarif listrik. "Pasti (tidak naik)," katanya.