Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 18:46 WIB
  • ANTV Raih Indonesia Best Company in Creating Leaders

  • Oleh
    • Eko Priliawito,
    • Bayu Nugraha
ANTV Raih Indonesia Best Company in Creating Leaders
Photo :
  • Bayu Nugraha
David Burke saat menerima penghargaan Best Company in Creating Leaders 2017.

VIVA – Salah satu anak perusahaan PT Visi Media Asia Tbk, atau VIVA Group, yakni PT Cakrawala Andalas Televisi, atau ANTV meraih penghargaan Indonesia Best Company in Creating Leaders 2017.

Penghargaan yang ditujukan kepada perusahaan yang mampu mencetak pemimpin dalam perusahaan diadakan oleh SWA Magazine yang bekerja sama dengan NBO Indonesia.

Managing Director PT Visi Media Asia (VIVA Group), David Burke mengatakan, dirinya bangga karena ANTV menjadi satu-satunya media yang masuk dalam penghargaan ini.

"Ini penting buat kita. Tidak ada grup media lain Top 20, yang dapat award Indonesia Best Company in Creating Leaders from within 2017," kata David di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Rabu 15 November 2017.

Menurutnya, penghargaan ini penting karena terkait dengan membangun masa depan para karyawan VIVA Group.

"Kita lihat, ini kita tidak bikin musik, film, berita, entertainment, atau olahraga. Tetapi, kita bangun karyawan kita untuk masa depan," katanya.

Dengan adanya penghargaan ini, David menyebut bukan merupakan beban bagi ANTV, atau VIVA group mempertahankannya. Justru, kata David, penghargaan ini membuat VIVA Group berbuat jadi lebih baik.

"Kita harus improvisasi dan lebih baik. Kita tidak bikin jadi beban. Sekarang kita nomor enam, kenapa tidak jadi top three," katanya.

Sementara itu, Chairman and Group Chief Editor SWA Magazine, Kemal Effendi Gani, mengatakan, penghargaan ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menciptakan para pemimpin dari dalam perusahaan.

"Seperti yang kita ketahui, orang sekarang mau gampangnya saja. Ketika butuh leader, dia ambil dari luar. Nah, tetapi kita sekarang bagaimana perusahaan bisa melahirkan leader dari organisasinya," kata Kemal.

Untuk mendapatkan penghargaan ini, Kemal menjelaskan bukan hal yang mudah. Pihaknya menyeleksi lebih dari 50 perusahaan hingga dipilih 10 perusahaan terbaik dalam bidang leadership.

"Pertama mereka harus submit paper mengenai konsepnya apa, lalu dinilai. Nah, yang masuk baru diundang ada 20-an. Kemudian, kita pilih 10 yang terbaik. Nah. kemudian ada lagi tiga perusahaan memperoleh spesial award, jadi total ada 13," katanya.

Secara garis besar, kriteria para pemenang penghargaan ini memiliki beberapa aspek penilaian. Pertama, jelasnya, perusahaan tersebut harus mempunyai visi dan misi yang teruji, baik dan cocok dengan kondisi saat ini dan ke depan.

"Kemudian ,program creating leadernya seperti apa? Eksekusinya seperti apa? Hasilnya seperti apa? Benar ada enggak leader yang dihasilkan dalam perusahaan tadi. Jadi, antara lain itu yang kita nilai," katanya.

Ia pun berharap, VIVA Group dapat mempertahankan sistem menciptakan para pemimpin di perusahaannya. Apalagi, bisnis di dunia media menurutnya banyak tantangan ke depan.

"Nah, ini bagus sekali lagi dan saya harap VIVA dapat melanjutkan program ini, sehingga menghasilkan orang yang kompeten. Saya yakin itu menjadi andalan, sebab peralatan bisa dibeli, tetapi kalau orang ini susah," ujarnya.

Di tempat yang sama, Managing Director NBO Indonesia, Susanna Hartawan mengatakan, penghargaan bagi perusahaan yang bisa menciptakan pemimpin saat ini tidak pernah diapresiasi. Dengan adanya penghargaan ini, ia berharap, dapat memacu perusahaan lain untuk menciptakan pemimpin di perusahaan masing-masing.

"Saat ini, kita ingin perusahaan yang bagus-bagus ini kita angkat ke atas dan lihat cara mereka mendidik leaders dan dikompetisikan dan membuat semakin hari semakin bagus lagi. Ini akan membuat pemimpin di Indonesia makin bertumbuh," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam penghargaan ini ada 10 nama perusahaan besar masuk dalam kategori Indonesia Besat Companies in Creating Leaders 2017. Perusahaan tersebut yakni, FIFgroup, BCA, BNI, ACC, PLN, ANTV, Federal Oil, Erajaya, Aqua, dan Smartfren.

Penghargaan untuk VIVA Group bukan yang pertama kali. Sebelumnya pada 3 November lalu, VIVA Group menerima penghargaan Indonesia Best Employer Brand yang diadakan oleh Employer Branding Institute India.