Hal Ini Buat Kemenkeu Yakin Ekonomi RI Tumbuh 5,1-5,2 persen

Pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Kondisi perekonomian Indonesia dinilai masih berada dalam jalur yang membaik. Meskipun pertumbuhannya mengalami sedikit perlambatan.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Suahasil Nazara mengatakan, meski tumbuh pelan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2017 diyakini masih berada di angka cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya.

"Indonesia berada dalam track kondisi ekonomi yang membaik. Kalau kita lihat dari Pertumbuhan Ekonomi, 2015 paling rendah. Kalau per kuartal, kuartal II 2016 paling rendah. Setelah itu kita naik terus tapi naiknya ini agak pelan, slow," kata Suahasil dalam acara Asian Insights Conference 2017 yang digelar oleh PT Bank DBS Indonesia, di Hotel Mulia Senayan, Jakarta 2017.

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Untuk itu, pada tahun ini Suahasil mengungkap prediksi pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi 2017 akan berada pada 5,1 sampai 5,2 persen.

"Perspektif kami di pemerintah tahun ini, 5,1-5,2 persen. Saya masih yakin hal itu," kata dia.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Dia pun menambahkan, keyakinan pemerintah akan hal itu lantaran adanya perbaikan ekonomi global. Indonesia, dengan ekonomi yang masih berkembang, diyakini akan dapat mencapai perekonomian yang membaik.

"Kita sekarang ikut wave (gelombang) dunia yang membaik, kalau garis biru world itu ada perbaikan, ada emerging market di situ. Dan Indonesia masih ada di emerging market," ujar dia.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

BPS baru saja merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2021 sebesar 5,02 persen dan sepanjang 2021 3,69 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022