Pikirkan Keuanganmu Sejak Muda, Ini yang Harus Diperhatikan

Ilustrasi laporan keuangan
Sumber :
  • www.pixabay.com/Pexels

VIVA – Setelah bisa lulus dari bangku kuliah, tentunya membawa kepuasan tersendiri. Ditambah lagi, Anda akan membawa gelar akademik dalam diri Anda. 

Kejagung Segera Umumkan 2 Dana Pensiun BUMN Terindikasi Korupsi

Namun, setelah lulus kuliah, itu juga merupakan pertanda bahwa sudah saatnya bertanggung jawab untuk hidup, yaitu dengan mencari pekerjaan. Pekerjaan yang nanti ditekuni akan membawa Anda untuk lebih mandiri secara finansial.

Jika saat ini, Anda berada di fase transisi dari mahasiswa menjadi orang yang akan mencari pekerjaan, penting untuk mengetahui hal-hal seputar finansial ketika menjalani masa transisi ini. 

Keluarga Brigadir J Gugat Sengketa Dana Pensiun Rp7,5 M ke Ferdy Sambo Cs

Supaya kebutuhan, atau pun keinginan tetap terpenuhi, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang finansial. Apa saja itu? Berikut ini, Cermati.com mengulas masalah ini:

1. Pekerjaan pertama bukan hanya soal gajinya

Pentingnya Persiapan Dana Pensiun Sejak Dini, DPLK BRIFINE di BRImo Solusinya

Sebagai orang yang baru saja akan terjun ke dunia kerja, Anda sebaiknya tidak berfokus hanya pada 'Berapa gaji, jika saya bekerja di sana?' Ada hal lain yang juga perlu di pertimbangkan, semisal pemberian dana pensiun pada karyawan. 

Hal lainnya yang juga harus Anda pikirkan ketika memilih pekerjaan adalah tentang biaya hidup dan pajak, saat memilih pekerjaan. Semua hal itu harus dipikirkan baik-baik untuk menunjang karier Anda.

2. Mulai pikirkan dana pensiun
 
Jika  telah menerima pekerjaan yang cukup layak untuk Anda, mulailah pikirkan tentang dana pensiun. Akan lebih baik, bila perusahaan tempat Anda bekerja memang memfasilitasi dana pensiun tersebut. 

3. Pertimbangkan masak-masak jika ingin memiliki kartu kredit

Mungkin setelah bekerja cukup lama, Anda akan mulai tergoda dengan hal ini, yaitu memiliki kartu kredit. Saat itu, mungkin gaji Anda sudah meningkat dan Anda mulai ingin mewujudkan sejumlah keinginan, seperti memiliki smartphone atau laptop terbaru. 

Semua itu bisa didapatkan dengan mudah apabila Anda menggunakan kartu kredit. Tetapi, ingat efek jangka panjangnya bisa membuat keuangan Anda menjadi tidak stabil.

4. Penghasilan dihabiskan sebagian untuk ditabung

Selain memikirkan dana pensiun, biaya hidup, dan pajak, Anda juga harus memfokuskan finansial Anda untuk tabungan. Menabung adalah hal yang dapat membantu Anda menghadapi masa depan nanti. Saat sedang bekerja dan mulai mendapatkan gaji, sisihkan juga sebagian uang untuk ditabung. 

5. Susun anggaran

Anda juga harus membuat anggaran untuk bisa mengevaluasi segala jenis pengeluaran sendiri. Anda harus mengetahui dengan detail ke mana saja uang yang dibayarkan tersebut dan digunakan untuk apa saja. Membuat anggaran juga akan membuat Anda lebih hemat karena memungkinkan untuk meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu.

Jaga kestablian keuangan

Anda harus bisa memahami bahwa saat telah bekerja nanti, Anda akan mendapatkan gaji setiap bulannya. Namun, di samping itu juga, akan ada pengeluaran untuk biaya hidup dan kebutuhan lainnya. 

Agar bisa stabil, tentu saja Anda harus bisa menyisihkan uang untuk tabungan untuk masa depan. Dengan begitu, hasil kerja keras Anda tidak sia-sia. Hindari masalah keuangan yang hanya akan membuat Anda tidak fokus saat bekerja dan membuat Anda terjebak masalah utang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya