Beda Kereta Bandara Soekarno–Hatta dengan KRL Jabodetabek

Interior kereta Bandara.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, fasilitas yang ada pada Kereta Bandara Soekarno Hatta tak berbeda jauh dengan kereta lainnya yang beroperasi di Jabodetabek.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

"Untuk fasilitas saya pikir yang ini sama-sama KRL, yang membedakan hanya kereta bandara ini menuju bandara yang direct, yang lain tidak direct. Maksudnya, kereta ini langsung ke ujung dari bandara, di bandara ditampung dengan people mover," jelasnya, di Tangerang, Kamis 23 November 2017.

Ia menuturkan, nantinya jika orang mau ke luar negeri mereka bisa naik kereta bandara dengan turun atau pindah ke people mover langsung ke Terminal 3. Sehingga, ini menjadi transportasi yang perpindahannya bisa maksimal.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Dalam hal pengoperasian nanti, ia tak menemukan kekurangan pada kereta bandara yang akan beroperasi pada awal 2018. "Paling harus disempurnakan saja, karena ini berkaitan dengan turis, banyak tamu internasional, harus dikelola secara sempurna ya," ujarnya.

Sementara itu, untuk fasilitas yang ada pada kereta Bandara Soekarno Hatta yakni, pada 1 trainset terdiri dari 6 kereta mampu mengangkut 272 penumpang. Interior keretanya didesain seperti di pesawat, penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan.

Layani Angkutan Lebaran Perdana, Bandara Kertajati Angkut 1.900 Orang per Hari

Selain itu, kereta juga dilengkapi dengan pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), toilet terpisah antara pria dan wanita. Dan di tiap kereta dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan, serta empat layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub]

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Langkah itu untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2024 di ruas penyeberangan Bakaheuni-Merak.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024