Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 10:58 WIB
  • Ken Pensiun, Jokowi Bakal Tunjuk Ditjen Pajak Baru

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar,
    • Agus Rahmat
Ken Pensiun, Jokowi Bakal Tunjuk Ditjen Pajak Baru
Photo :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id
Presiden Joko Widodo.

VIVA – Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi memasuki masa pensiun awal Desember mendatang. Dengan demikian secara otomatis, kepemimpinan Direktorat Jenderal Pajak akan digantikan dengan orang baru. 

Menanggapi hal tersebut Presiden Joko Widodo mengungkapkan, pengganti Ken akan diputuskan hari ini. Tim Penilai Akhir (TPA) akan menggelar rapat di Kantor Presiden untuk menentukan siapa penggantinya. 

"Dirjen pajak siang ini dibahas," kata Jokowi, usai membuka Kompas CEO Forum, di Hotel Raffles, Kuningan Jakarta, Rabu 29 November 2017.

Dalam TPA, Jokowi menjabat sebagai ketua. Sehingga,setiap keputusan penentuan pejabat eselon I, dilakukan melalui tim ini. Seperti diketahui, Ken akan pensiun pada 1 Desember 2017 ini. 

Ken Dwijugiasteadi lahir di Malang, 8 November 1957. Dia menempuh pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Brawijaya, dan melanjutkan pendidikan Master of Science in Tax Auditing di Opleidings Institute Financien, Den Haag, Belanda, dan mendapatkan gelarnya pada 1991.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi.

Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi

Di Kantor Pajak, Ken mengawali karir sebagai pelaksana pegawai negeri sipil di Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak. Karirnya terus menanjak dan pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Kepegawaian pada 1989, dan Kepala Seksi Wajib Perseorangan pada 1992.

Hingga pada 1997, Ken dipromosikan menjadi Kepala Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak Pekan Baru. Dia pun pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak Bojonegoro, dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Badan dan Orang Asing Satu.

Pada 2003, dia dipromosikan sebagai Direktur Informasi Perpajakan. Kemudian menjadi Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pajak Kalimantan Timur pada 2006, lalu menjadi Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pajak pada November 2011.

Puncak karirnya pun terjadi pada 2015-2016, di mana ia dipercaya menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak. 

Kemudian akhir 2015, dia dilantik Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menjadi Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pajak. lalu pada  1 Maret 2016, Ken akhirnya resmi menjadi Direktur Jenderal Pajak definitif.