Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 06:24 WIB
  • Katanya Hal Ini Cocok bagi yang Ingin Merantau ke Jakarta

  • Oleh
    • Dusep Malik
Katanya Hal Ini Cocok bagi yang Ingin Merantau ke Jakarta
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Monumen Nasional, Jakarta.

VIVA – Merantau adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin hidup mandiri. Dan ibu kota negara tetap menjadi tujuan bagi para perantau. Entah apa yang menjadikan Jakarta menjadi tujuan terfavorit bagi anak muda di seluruh Indonesia.

Jika ditelaah, Jakarta memang memiliki fasilitas yang bisa dikatakan lengkap. Mulai gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, akomodasi, hotel, dan makanan. Tidak hanya itu, lapangan pekerjaan yang ditawarkan juga lebih banyak.

Begitu pun dengan tingkat penghasilan yang lumayan besar.

Maka tak heran mengapa Jakarta menjadi incaran jobseekers. Banyaknya lapangan pekerjaan yang ditawarkan tak lantas menjadi jaminan bahwa Anda akan mudah mendapat pekerjaan. Karena persaingan memperebutkan pekerjaan semakin ketat.

Untuk itu, siapkan dirimu sebaik mungkin. Jika keputusanmu sudah bulat, ini dia tips bagi Anda yang ingin merantau ke Jakarta, seperti dikutip dari Cermati.com, Kamis 30 November 2017:

1. Kenali kehidupan di Jakarta

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke Jakarta, kenali dulu gaya hidup masyarakatnya. Apakah hidupnya sederhana atau konsumtif. Semakin mengenalinya, semakin mudah pula Anda beradaptasi dengan keadaan di sekitar.

Meskipun sudah tinggal di Jakarta, janganlah mudah untuk kehilangan jati diri. Jangan pula terlalu terbawa arus kemewahan di ibu kota. Tetaplah menjadi diri sendiri dan ingat apa tujuanmu merantau. Dengan demikian, Anda akan mudah terhindar dari perilaku buruk dan menyimpang.

2. Tentukan di mana akan tinggal

Wilayah Jakarta dibagi menjadi lima bagian, yaitu Jakarta Pusat, Utara, Selatan, Barat, dan Timur. Pilihlah tempat tinggal terbaik di antara kelima bagian tersebut.

Beruntung lah jika Anda memiliki sanak saudara di Jakarta, sehingga tidak perlu kesusahan untuk mencari tempat tinggal. Namun, bagi yang hidup seorang diri, sebaiknya gesit untuk melakukan pencarian tempat tinggal.

Tentukan juga tempat seperti apa yang diinginkan. Apakah tinggal di indekos, apartemen, atau rumah. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Kalau perlu, pilihlah tempat tinggal termurah, mengingat status Anda sebagai anak rantau.

3. Cari tahu transportasi yang digunakan

Jakarta menawarkan fasilitas yang lengkap, termasuk transportasinya. Di sini, Anda tinggal memilih apakah ingin naik Transjakarta, angkot, Metromini, Transjakarta, atau transportasi online.

Pilihlah jenis transportasi paling efektif, efisien, dan murah. Untuk itu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang guna biaya akomodasi.

Beruntunglah jika jarak kantor dekat dengan tempat tinggal. Jadi, Anda bisa berhemat atau tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali ketika hendak kerja.

4. Membawa uang secukupnya

Sebagai perantau, Anda perlu menyiapkan sejumlah uang untuk memulai kehidupan baru di Jakarta. Uang ini nantinya berguna untuk biaya makan, transportasi, dan menyewa tempat tinggal.

Saat sudah mengenali kehidupan di Jakarta, Anda tentu harus sudah tahu berapa biaya kehidupan di sana. Anda dapat membawa uang yang cukup ketika berangkat ke Jakarta.

Hitunglah berapa biaya yang dibutuhkan dalam sebulan. Setelah itu, prediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapat pekerjaan. Jika hitungannya sudah jelas, akumulasikan jumlahnya.

5. Siapkan mental sebaik-baiknya

Jakarta adalah tempat tinggal orang dari segala kalangan. Mulai dari konglomerat, orang kaya biasa, orang menengah, miskin, bahkan paling miskin sekalipun.

Anda juga akan menemukan sisi kehidupan dengan karakter orang yang sangat berbeda. Menyiapkan mental ini sangat bagus agar Anda tidak terkejut ketika menginjakkan kaki di Jakarta.

Apalagi bagi Anda yang pertama kali berada di Jakarta. Jika mental tidak siap, Anda tidak akan betah berlama-lama di Jakarta.

6. Pintar bergaul dan memilih teman

Hidup di kota besar seperti Jakarta menuntut harus pintar bergaul dan memilih teman. Jika Anda termasuk orang yang ekstrovert alias mudah berbaur, Anda akan betah hidup di Jakarta.

Bagi yang introvert, mulailah membuka diri dan berbaur dengan yang lainnya. Ada banyak keuntungan yang diperoleh jika Anda pintar bergaul. Salah satunya adalah memiliki banyak teman.

Namun, berhati-hatilah dalam bergaul. Jangan sampai terseret dalam pergaulan yang menyesatkan.

  • Mau Jadi Karyawan Teladan, Ikuti Enam Cara Ini
    Mau Jadi Karyawan Teladan, Ikuti Enam Cara Ini
  • Kominfo Curhat Pekerja Intelektual Indonesia Rendah
    Kominfo Curhat Pekerja Intelektual Indonesia Rendah
  • BPS: 31 Persen Warga Indonesia Berprofesi Pedagang
    BPS: 31 Persen Warga Indonesia Berprofesi Pedagang
  • Pekerja Asia Pasifik Paling Tak Bahagia di Tempat Kerja
    Pekerja Asia Pasifik Paling Tak Bahagia di Tempat Kerja
  • Riset: Bekerja 8 Jam Sehari Turunkan Fungsi Kognitif
    Riset: Bekerja 8 Jam Sehari Turunkan Fungsi Kognitif
  • 5 Pekerjaan Paruh Waktu Bergaji Tinggi Bagi Mahasiswa  
    5 Pekerjaan Paruh Waktu Bergaji Tinggi Bagi Mahasiswa