Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 22:05 WIB
  • Cara Bekraf Mudahkan Pengusaha Kreatif Dapatkan Modal

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Adinda Permatasari
Cara Bekraf Mudahkan Pengusaha Kreatif Dapatkan Modal
Photo :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar
Kepala Bekraf Triawan Munaf

VIVA – Sebagai lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) juga bertanggung jawab untuk memudahkan jalan pelaku industri kreatif dalam penyediaan dana atau modal.

"Harus berimbang, bukan kreatifnya saja tapi juga ekonominya. Tugas utama kami adalah menciptakan ekosistem pembiayaan yang lebih baik pada industri kreatif Indonesia," ujar Wakil Kepala Bekraf Ricky J Pesik saat konferensi pers Bekraf Investor Forum di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis 30 November 2017.

Ricky menambahkan bahwa industri kreatif adalah sebuah ekonomi baru yang memerlukan cara-cara baru dalam mengakses pembiayaan atau permodalan. Karena itulah Bekraf menggelar Bekraf Investor Forum yang mempertemukan pelaku ekonomi kreatif dengan sumber pembiayaan non-perbankan, termasuk investor.

"Masalah pembiayaan tidak terus berputar pada mendapatkan dana dari perbankan, tapi mempertemukan dengan investor sebagai modal pengembangan industri kreatif," imbuhnya.

Sebelum penyelenggaraan acara ini, Bekraf sudah melaksanakan Ekraf Investment Readiness Level (ERL) untuk subsektor fesyen, aplikasi dan pengembang permainan (gim), kriya, dan kuliner. ERL adalah alat ukur untuk mengukur kesiapan inovasi keempat subsektor itu sekaligus mengantisipasi langkah inovasi, siklus hidup teknologi, sekaligus persaingan pasar.

Keterlibatan praktisi, pemberi modal, dan peneliti yang difasilitasi Bekraf ini diharapkan menjadi stimulasi kolaborasi lintas sektor yang mendukung percepatan pengembangan ekonomi kreatif dengan meningkatnya akses permodalan non-perbankan. (one)