Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 09:54 WIB
  • Alasan Harus Tetap Optimis Meski Kelola Bisnis Kecil-kecilan

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Alasan Harus Tetap Optimis Meski Kelola Bisnis Kecil-kecilan
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi bisnis.

VIVA – Dalam menjalankan bisnis, tentunya tak hanya modal yang menjadi masalah. Menjalankan bisnis juga penting untuk memiliki keyakinan dan rasa optimis dalam diri Anda sebagai pebisnis. 

Sudah bukan rahasia lagi jika sebagai seorang pebisnis memang harus memiliki rasa optimis. Pebisnis sebagai pemilik bisnis tentunya harus memiliki kualitas. 

Mulai dari keberanian, tekad, hingga rasa optimis yang kuat. Dengan adanya rasa optimis, tentu saja segala masalah yang ditemui dalam perjalanan bisnis akan mudah untuk dihadapi. Bahkan, impian untuk mencapai sukses akan mudah diraih.

Tak hanya pada bisnis besar, bahkan bagi Anda yang menjalankan bisnis kecil-kecilan pun juga penting untuk memiliki rasa optimis yang kuat. Terkadang beberapa pebisnis tidak memiliki rasa percaya diri dalam dirinya karena bisnis yang dijalankan hanya berskala kecil. 

Nah, berikut ini ulasan Cermati.com beberapa alasan mengapa seseorang harus tetap memiliki rasa optimis meskipun bisnis yang dijalankannya terbilang kecil. 

1. Ekonomi menjadi lebih kuat

Tanpa Anda sadari, lingkungan tempat tinggal akan sangat memengaruhi bisnis yang Anda jalankan. Pebisnis yang merasa lebih baik dengan lingkungannya akan memiliki bisnis yang bertahan lebih lama dibandingkan yang tidak. 

Bahkan, terdapat survei yang menyatakan jika sekitar 52 persen pebisnis memiliki keyakinan akan ekonomi yang dapat membaik dalam kurun waktu 12 bulan ke depan. Angka ini terus meningkat setiap waktunya. 

Dengan rasa optimis yang dimilikinya, akan membuat pebisnis lebih percaya diri dan yakin kepada bisnis yang dijalankan.

2. Dapat memberikan semangat dan motivasi positif

Dengan adanya rasa optimis yang dimiliki, tentu saja akan memberikan rasa semangat dan motivasi positif untuk keberhasilan bisnis yang dijalankan. Orang-orang yang memiliki rasa optimis biasanya memiliki impian dan harapan yang lebih besar dibandingkan yang tidak. 

Karena itu, tidak mengherankan bila mereka akan selalu bersemangat dalam melangkah dan memiliki harapan dan tujuan yang lebih baik dalam berbisnis.

3. Berani dalam menghadapi tantangan dan risiko

Rasa optimis akan membuat seseorang berani untuk menghadapi segala risiko dan tantangan yang ditemui selama perjalanan bisnis. Tentu saja dalam menjalankan bisnis selalu saja ada tantangan dan hambatan yang muncul ketika ingin mencapai kesuksesan. 

Dengan berbekal keyakinan dan rasa optimis, seorang pebisnis sanggup menghadapi segala tantangan yang datang menghadang. Sesulit apa pun itu, mereka akan mencoba untuk menyelesaikannya dengan tenang dan menggunakan solusi terbaik. 

4. Fokus bisnis jelas

Menanamkan rasa optimis yang kuat dalam diri akan membuat Anda mempunyai fokus bisnis yang jelas. Setelah Anda menentukan visi dan misi dari bisnis yang dijalankan, pebisnis yang selalu optimis akan membuat dirinya selalu berusaha untuk fokus menyelesaikan setiap pekerjaan yang sudah dirancangnya dan mewujudkan segala harapan yang sudah diimpikannya.

5. Lebih kreatif dan inovatif

Memiliki rasa optimis yang tinggi membuat seseorang akan lebih kreatif dan inovatif. Mengapa? Pelaku bisnis yang selalu optimis akan selalu memiliki beragam cara untuk bisa mewujudkan segala impian dan harapannya. 

Karena hal inilah, mereka tidak akan segan-segan untuk menggunakan kreativitasnya dalam menciptakan berbagai ide baru dan mendapatkan hasil terbaik untuk keberlangsungan bisnisnya. 

6. Rasa percaya diri yang tinggi

Tanpa disadari rasa optimis yang ada akan memunculkan rasa percaya diri yang tinggi dalam jiwa pebisnis. Pebisnis dengan rasa optimis yang tinggi memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi dalam menjalankan setiap tugasnya. 

Mereka memiliki keyakinan tinggi pada kemampuan yang dimilikinya dan berusaha untuk mengoptimalkan usahanya untuk mencapai impian yang diharapkannya. Rasa optimis yang dimiliki pebisnis akan membuat mereka akan selalu berpikir positif dalam memulai bisnis hingga mencapai kesuksesan. Bahkan, rasa optimis menjadi kunci utama kesuksesan dalam bisnis yang dijalankan. 

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menanamkan rasa optimis dalam diri karena akan bermanfaat untuk diri, perusahaan, hingga lingkungan sekitar. Rasa optimis membuat seseorang akan terbiasa untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan positif.