Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 06:00 WIB
  • Tak Usah Iri, Bisnis Ini Cocok Bagi Pecinta Olahraga

  • Oleh
    • Dusep Malik
Tak Usah Iri, Bisnis Ini Cocok Bagi Pecinta Olahraga
Photo :
  • Mohammad Zumrotul Abidin/Surabaya
Ilustrasi bisnis lapangan futsal.

VIVA – Anda mungkin iri, melihat para atlet hidupnya bergelimang harta. Sebut saja, para pemain sepakbola. Rata-rata pemain sepakbola memiliki banyak uang, sehingga mereka tidak perlu pikir panjang ketika ingin membeli sesuatu.

Situasi tersebut, ternyata juga berlaku pada atlet lainnya, seperti pemain tenis, gulat, bulu tangkis, pemain basket, dan atlet olahraga lainnya.

Menurut pemikiran Anda, hanya para atletlah yang mampu menghasilkan uang dari olahraga. Benarkah demikian? Tentu saja tidak. Anda yang suka olahraga juga bisa menghasilkan uang dari kesukaan ini.

Bagaimana caranya? Tentu saja, dengan menjalankan bisnis yang berhubungan dengan olahraga. Berikut adalah jenis bisnis yang cocok bagi pecinta olahraga seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa 5 Desember 2017:

1. Bekerja sebagai trainer

Saat ini, masyarakat semakin sadar betapa pentingnya kesehatan. Maka dari itu, banyak dari mereka yang mulai pergi ke pusat kebugaran untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

Anda yang suka olahraga, tentu saja harus memanfaatkan hal ini sebagai peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Anda yang paham olahraga tentu saja mengerti bagaimana cara merawat tubuh agar selalu bugar dan fit.

Pemahaman ini dapat digunakan untuk bekerja sebagai trainer di pusat kebugaran. Selain di pusat kebugaran, Anda juga dapat menjadi trainer pribadi yang akan mengajar di rumah seorang pelanggan.

2. Bangun tempat kebugaran sendiri

Anda yang hobi olahraga tentu saja memiliki setidaknya satu, dua, atau lebih alat olahraga di rumah. Semakin banyak alat olahraga yang dimiliki, tentu saja membuat Anda tidak perlu mendatangi pusat kebugaran. Malahan Anda dapat membuka tempat kebugaran sendiri di rumah.

Jika memiliki area, atau kamar kosong di rumah, Anda dapat menyulap ruangan tersebut sebagai tempat kebugaran kecil-kecilan. Manfaatkan semua alat olahraga yang dimiliki.

Jangan lupa untuk menempelkan poster di depan rumah agar tetangga tahu kalau membuka bisnis kebugaran di rumah.

3. Membuka toko sport

Membuka toko sport juga termasuk bisnis yang cocok bagi pecinta olahraga. Membuka bisnis jenis ini tidak terlalu sulit. Yang diperlukan hanyalah pemahaman lebih tentang alat-alat dan kebutuhan olahraga. Sehingga, Anda dapat melayani pelanggan dengan baik.

Kalau perlu, jelaskan juga tentang kegunaan dan fungsi dari peralatan tersebut kepada pelanggan.

4. Membangun lapangan olahraga

Lapangan sangat dibutuhkan untuk beberapa cabang olahraga. Salah satunya adalah sepak bola. Seperti yang kita ketahui, sepak bola merupakan olahraga favorit, baik untuk anak-anak maupun orang tua.

Untuk memenuhi kebutuhan para pecinta sepak bola, Anda dapat membuka lapangan sepak bola atau futsal. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari lahan yang luas untuk membangun lapangan.

Setelah itu, barulah Anda mulai menyulap lapangan itu secantik dan senyaman mungkin. Jika lapangan telah siap, sewakan lapangan tersebut kepada para pecinta sepak bola. Tarif yang dikenakan haruslah aman di kantong agar lapangan sepak bola Anda selalu penuh diburu oleh pelanggan.

5. Buka kafe untuk nonton bareng

Baik sepak bola, motor GP, atau bulu tangkis, ketiganya seru jika ditonton bersama para para pecinta olahraga. Namun menonton saja tidaklah cukup tanpa adanya segelas minuman dan sepiring makanan.

Untuk itulah, Anda perlu membuka sebuah kafe kecil di mana para pecinta olahraga bisa berkunjung untuk menyaksikan pertandingan olahraga bersama-sama. Bukalah kafe yang nyaman, agar semua penonton merasa betah untuk berlama-lama di kafe Anda.

Jangan lupa juga untuk menyuguhkan makanan dan minuman yang pas sebagai teman ketika menonton pertandingan olahraga tersebut.

6. Jadi reporter olahraga

Menonton pertandingan olahraga dan memberikan penjelasan tentang pertandingan yang berlangsung sangatlah seru. Jika menyukai hal ini, Anda bisa mencoba peruntukan untuk menjadi seorang reporter olahraga.

Menjadi seorang reporter terbuka bagi siapa saja, baik pria maupun wanita. Yang terpenting adalah Anda mampu berbicara di depan kamera dan mampu memberikan informasi yang akurat mengenai pertandingan yang sedang berlangsung. Tidak sulit, bukan? (asp)