Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 09:52 WIB
  • Tips Jitu Sukses Tawar Menawar Mobil Bekas

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Tips Jitu Sukses Tawar Menawar Mobil Bekas
Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Mali
Mobil bekas

VIVA – Saat ini mobil tidak hanya menjadi gaya hidup semata, bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat terlepaskan. Tak heran jika penjualan mobil kian meningkat setiap waktunya. 

Meskipun begitu, tidak semua orang dapat membeli mobil dengan kondisi finansial yang pas-pasan. Lalu, mengapa Anda tidak mencoba untuk membeli mobil bekas saja? 

Saat ini banyak mobil-mobil bekas yang masih dalam kondisi bagus dan prima yang tak kalah bagusnya dengan mobil-mobil baru, tapi dengan harga yang lumayan terjangkau. Membeli mobil bekas dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan kendaraan dengan harga yang terbilang cukup murah. 

Namun, membeli mobil bekas tidak hanya memerhatikan tentang kondisi mobil, tetapi penting pula untuk memerhatikan mengenai harga mobil. Agar mendapatkan kesepakatan harga yang pas saat tawar-menawar, berikut ini tips dari Cermati.com yang dapat dilakukan.

1. Menentukan mobil yang akan dipilih

Sebelum membeli mobil, tentu saja Anda sudah membayangkan jenis mobil apakah yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan Anda. Bila Anda akan menggunakannya rutin untuk bekerja, tentu saja pilihan mobil yang nyaman serta irit bahan bakar merupakan pilihan yang tepat. 

Jika Anda menginginkan mobil untuk keluarga, maka mobil-mobil dengan ukuran kabin yang lega akan sangat cocok untuk Anda. Setelah yakin dengan pilihan moibl Anda, kini tentukan pula fitur-fitur yang Anda inginkan wajib ada dalam mobil Anda. 

Mulailah menulis dan mendaftar fitur-fitur mobil yang Anda inginkan. Semisal fitur pendingin kabin, safety, hiburan, dan lainnya. Dengan catatan, ini akan membantu Anda memilih jenis mobil yang diinginkan dan gambaran harga dari pilihan mobil tersebut.

2. Mencari tahu harga pasaran

Sebelum Anda menawar harga kesepakatan yang tepat, tidak ada salahnya untuk mengecek harga pasaran dari mobil yang diinginkan. Setiap merk mobil biasanya akan memiliki tipe mobil yang diinginkan. 

Misalnya, Anda menginginkan tipe mobil MPV karena pilihan terbaik bagi mobil keluarga. Anda perlu mencari tahu perkiraan harga untuk mobil MPV. Tentu saja mobil MPV keluaran Toyota dan Daihatsu memiliki harga yang berbeda satu sama lainnya.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui harga pasaran ini. Pada saat Anda sudah memutuskan pilihan mobil, tentu saja Anda sudah harus memiliki pegangan dan patokan harga. Dari harga pasaran yang didapatkan itulah, Anda bisa membuka penawaran yang mana serendah mungkin dari harga jual di pasarannya. 

Namun, yang tetap harus Anda ingat adalah meskipun menawar dalam harga yang rendah, harga yang Anda tawarkan haruslah tetap logis. Apalagi kalau Anda menawar harga pada sales mobil bukan pada pemiliknya langsung.

3. Datangi Penjual Mobil Bekas Secara Langsung

Banyak orang yang mendatangi dealer resmi untuk membeli mobil bekas. Padahal, jika Anda membeli di dealer, kemungkinan untuk mendapatkan harga rendah yang sesuai keinginan Anda sangat kecil. 

Untuk itu, akan lebih baik kalau Anda langsung menemui penjual mobil bekas tersebut saat sudah menentukan pilihan. Dengan bertemu pihak penjual, Anda bisa berkomunikasi dan melihat langsung kondisi mobil. 

Biasanya Anda melihat nilai dari rata-rata tukar tambah dan menambahkan perkiraan sekitar Rp10 juta sebagai biaya rekondisi dan lainnya yang bersnagkutan dengan kondisi dari mobil bekas tersebut. 

4. Jangan lupa mengecek kondisi mobil

Hal terpenting lainnya adalah jangan lupa mengecek kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Jangan hanya fokus pada harga rendah yang Anda dapatkan. Percuma rasanya kalau Anda mendapatkan harga kesepakatan sesuai yang diinginkan, tapi ternyata kondisi mobil kurang begitu baik. 

Untuk itu, periksa kembali kondisi mobil. Mulai dari bagian mesin, eksterior, interior, hingga fitur-fitur dalam mobil tersebut. Pastikan bila kondisi mobil keseluruhan baik dan tidak bermasalah. 

Lakukan banyak pertimbangan sebelum membeli

Membeli mobil bekas tentu berbeda dengan mobil baru. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil bekas pilihan. Mulai dari kondisi mesin, bagian bodi dan kabin, hingga harga jual mobil tersebut.