Pengusaha Tak Mau Cuma 'Wait And See' di Tahun Politik

Ketua Umum Kadin, Rosan Roeslani
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani menegaskan, pengusaha tidak akan bersikap wait and see di tahun politik 2018. Sebab, pengusaha sudah melihat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah hal yang umum yang terjadi. 

Di Era Transisi, Kolaborasi Semua Pihak Jadi Kunci Menuju Ketahanan Energi Nasional

"Kalau kita enggak ada wait and see. Kita melihat Pilkada ini suatu hal yang berlaku hampir setiap tahun," ujar Rosan di acara Sarasehan 100 Ekonom di Jakarta, Selasa 12 Desember 2017.

Di satu sisi, dia pun yakin dengan banyaknya negara besar yang sudah merevisi tingkat pertumbuhan ekonomi 2018 ke arah yang lebih baik akan memberikan dampak baik kepada dunia usaha Indonesia. 

Manufaktur RI Menggeliat, Airlangga Jaga Iklim Usaha Kondusif

"Pilkada ini bukan sesuatu yang baru, jadi aman-aman saja. Pengusaha sih saya tanya ke teman-teman, business as usual saja lah. Enggak khawatir sama sekali," kata Rosan.

Di satu sisi, Ia juga menyampaikan bahwa harga-harga komoditas yang terus membaik dan rating Indonesia yang sudah mulai naik akan meningkatkan gairah pengusaha untuk melakukan ekspansi bisnisnya.

Dubes Rosan: Muslim Indonesia Harus Jadi Wajah Islam yang Ramah

"Semuanya positif, harga komoditas naik, rating naik, orang mulai spending. Kelihatannya pengusaha mulai mencari ekspansi lagi tahun-tahun ke depan," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam sambutanya di acara yang sama mempertanyakan, sampai kapan dunia usaha akan menunggu untuk ekspansi. Dia pun meyakinkan proses politik di Indonesia sat ini berlangsung kondusif. 

Ilustrasi realisasi investasi pembangunan.

Dunia Berebut Investasi, Ekonom: KUHP Baru Bakal Ganggu Realisasi Penanaman Modal Asing

Atas pengesahan Undang-undang tersebut pasal-pasal di UU KUHP menuai banyak sorotan dari berbagai pihak bahkan disebut akan mengganggu iklim investasi asing di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2022