Walt Disney Beli Fox Milik Rupert Murdoch Rp710 Triliun

Walt Disney
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Walt Disney setuju untuk membeli sebagian besar bisnis 21st Century Fox senilai US$52,4 miliar atau sekitar Rp710 triliun. Dalam sebuah kesepakatan kedua perusahaan menyebutkan bahwa mereka harus bersaing dalam industri media yang berubah dengan cepat.

Taipan Media Rupert Murdoch Bakal Menikah untuk Ke-5 Kalinya di Usia 92 Tahun

Dilansir BBC, pembelian tersebut mencakup studio film dan televisi Fox, serta 39 persen sahamnya di satelit Sky. Dengan sisa asetnya, Fox akan membentuk perusahaan yang fokus pada berita. 

Langkah tersebut merupakan pergeseran tajam bagi pemilik Fox, Rupert Murdoch setelah melakukan ekspansi media lebih dari setengah abad.

Disney Umumkan Moana 2 Tayang di Bioskop pada November 2024

Murdoch mengubah satu surat kabar Australia yang dia warisi dari ayahnya pada usia 21 tahun, menjadi salah satu kerajaan berita dan film terbesar di dunia.

Dia mengatakan, pemisahan itu masuk akal di tengah ancaman baru dari iklan online dan pesaing yang melakukan streaming hiburan ke rumah melalui internet.

Mickey Mouse Akan Dijadikan Film Horor Pembunuhan, Wajah Lucu Jadi Mengerikan

Pemegang saham Fox, termasuk Murdochs, akan mendapatkan 25 persen saham di Disney.

"Dengan pengumuman hari ini, kami meluncurkan perjalanan besar berikutnya," kata Rupert Murdoch pada Kamis dalam sebuah seruan untuk investor. Dia menambahkan, "Apakah kami mundur? Sama sekali tidak."

Disney akan mengambil studio film dan televisi Fox, jaringan olah raga regional dan kepemilikan internasional.

Langkah ini menambahkan deretan katalog belakang Disney dengan film-film terlaris, seperti film-film Star Wars, gambar superhero Marvel, Avatar, dan Deadpool, serta hit TV seperti Modern Family dan The Simpsons. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya