Badak Juga Perlu Rumah yang Layak dan Nyaman

Ujung Kulon
Sumber :

VIVA.co.id - Setiap makhluk hidup memerlukan rumah atau tempat tinggal yang nyaman. Agar mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, tentunya harus berbagi satu sama lain. Namun, manusia sering mengabaikan hal tersebut, dan mengakibatkan makhluk hidup lainnya tak nyaman.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Manusia seolah merasa yang paling berkuasa dan paling berwenang untuk melakukan yang mereka inginkan. Jika terus demikian bukan tidak mungkin akan semakin banyak hewan yang akan punah karena ulah manusia. Hewan yang terancam punah diantaranya adalah Badak.

Di Indonesia terdapat dua jenis badak, yaitu Badak Jawa dan Badak Sumatera. Kedua jenis tersebut terancam punah, karena perburuan liar dan pengurangan habitat. Setelah masuk kategori terncam punah, aturan mulai diperketat dan populasi mulai stabil.
Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Perkembangbiakan badak yang lamban juga menjadi faktor sulitnya mengembalikan populasi badak agar bisa banyak seperti dulu. Untuk itu, perlu penanganan khusus terhadap badak, diantaranya :
Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

1. Suaka Margasatwa yang terjaga
Di sini adalah tempat yang paling nyaman tentunya untuk badak, agar terhindar dari perburuan. Badak yang ada di dalam Suaka Margasatwa akan aman dari ancaman manusia yang berniat jahat. Selain itu, area Suaka Margasatwa juga tidak akan dilakukan penggundulan, karena memang dilarang. 

2. Kamera pemantau
Keadaan badak harus dipantau secara terus menerus melalui kamera pemantau agar diketahui keadaan setiap badak yang terkini. Dapat diketahui pula pola makan badak, serta kebiasaan-kebiasaan yang mungkin berbeda dengan hewan lain. Keberadaan kamera juga memudahkan ketika ada sesuatu yang terjadi pada Badak untuk segera diketahui posisinya dan bisa segera ditangani.

3. Tim Kesehatan Khusus
Badak adalah hewan yang memiliki spesifikasi berbeda dengan hewan lainnya, untuk itu juga perlu tim medis khusus untuk menangani setiap badak yang ada pada Suaka Margasatwa.

Selain untuk menangani Badak yang terkena penyakit, tim medis juga harus memberikan vaksin agar Badak terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat menyerang sewaktu-waktu. Dengan demikian Badak juga akan kebal dari penyakit yang semakin bervariasi.

4. Sosialisasi terhadap masyarakat
Tugas menjaga Badak bukan hanya dari pemerintah dan petugas-petugas di Suaka Margasatwa, tetapi juga seluruh masarakat, agar tercipta kelestarian dan juga tidak merasa terancam di alam liar.

Masyarakat perlu diberikan himbauan akan larangan perburuan liar badak dan penggundulan hutan dan juga harus ada sanksi yang tegas bagi yang masih tetap melanggar ketentuan tersebut. (Cerita ini dikirim oleh Aditya Septiawan, Boyolali) 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" 

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya