Ada Empat Flyover Baru Kemacetan Diprediksi Berkurang

Flyover Klonengan Kabupaten Tegal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran, diperkirakan berkurang dibanding dengan tahun sebelumnya, seiring dengan difungsikannya empat flyover di Demoleng Brebes, Klonengan Kabupaten Tegal, Kesambi Kabupaten Tegal, dan Kretek Brebes. Keempat flyover tersebut akan dilalui pemudik yang hendak menuju wilayah selatan seperti Purwokerto, Banyumas, Yogyakarta, dan sekitarnya.

Pertamina MOR III: Konsumsi Pertamax Ramadan-Idul Fitri Naik 12 Persen

Pembangunan keempat flyover tersebut untuk mengurangi kemacetan yang kerap timbul saat palang pintu perlintasan kereta api ditutup. Dari empat flyover yang ditargetkan selesai pada H-10 Lebaran, hanya flyover Kretek di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes yang belum selesai 100 persen.

Molornya pembangunan flyover di jalur utama menuju selatan tersebut, karena kendala pada pembebasan lahan warga yang berdampak pada pembangunan tersebut. Walaupun belum sepenuhnya selesai, namun flyover Kretek tetap bisa dilalui saat arus mudik Lebaran.

Jadwal THR dan Cuti Jadi Evaluasi Kemenhub di Angkutan Lebaran 2020

Pelaksana proyek flyover Kretek, PT Adhi Karya Tbk, memasang jembatan bailey, atau jembatan kerangka besi. Namun, tidak semua kendaraan bisa melintasi jembatan tersebut. Sebab, hanya kendaraan di bawah 12 ton saja yang bisa melintasinya.

"Kendaraan yang melintasi jembatan bailey diprioritaskan untuk kendaraan pribadi pemudik. Sementara untuk roda dua dan kendaraan besar masih menggunakan jalur lama," kata Project Manager PT Adhi Karya, Kusno.

Mudik Idul Fitri, Penumpang KAI Meningkat 9 Persen

Ia menambahkan, saat ini pihaknya tengah memasang orpit jembatan agar pengendara lebih nyaman lagi ketika melintas flyover Kretek.

Untuk mengetahui kesiapan jembatan bailey tersebut, Pejabat Pembuat Komitmen (PPkom) Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Supriyo Wisnuseta bersama pihak terkait telah melakukan uji coba terhadap jembatan tersebut. Uji coba dilakukan untuk mengetahui sejauh mana jembatan itu bisa digunakan. (Tulisan ini dikirim oleh yudhiprasetyo79)

Pantauan udara di atas gerbang tol Cikarang Utama, Jawa Barat.

H-7 hingga H-1 Lebaran 2020, Cuma 465 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta

Jumlah lalin pemudik turun hingga 62 persen dari tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
24 Mei 2020