Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 14:38 WIB
  • Semakin Dewasa Uang Lebaran Semakin Sedikit Terkumpul

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Ridho Adha Arie
Semakin Dewasa Uang Lebaran Semakin Sedikit Terkumpul
Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Uang Lebaran.

VIVA.co.id – Ketika aku masih kecil, pernah terpikir olehku untuk segera menjadi orang dewasa. Berumur 20 tahun, bekerja dan mendapatkan uang. Kupikir menjadi dewasa itu enak, tapi ternyata tidak. Mungkin untuk mereka yang masih sekolah dan masih tinggal bersama orangtua akan berpikir enaknya menjadi orang dewasa. Mereka belum merasakan kerasnya hidup ketika sudah menjadi dewasa.

Menjadi anak kecil dan anak sekolahan itu sebenarnya enak. Masih ada yang peduli, masih dibimbing dan masih diberi kasih sayang yang lebih. Daripada menjadi dewasa. Harus bekerja, mencari uang sendiri dan berpikir bagaimana caranya bisa membahagiakan orangtua.

Saat masih kecil, seorang anak akan mendapatkan THR atau uang Lebaran dari keluarga dan para saudara. Menurut pengalamanku, batas mendapatkan uang Lebaran biasanya di umur 18 tahun. Makin kecil usia, makin banyak dapat uang.

Saat aku masih kecil, ketika mendapatkan uang yang banyak, uang itu akan aku simpan dan ditabung buat beli buku dan baju sekolah. Tapi anak-anak zaman sekarang berbeda. Sebagian dari mereka akan memakainya untuk ke warnet dan beli cash game online. Mirisnya kehidupan anak zaman sekarang.

Berdasar pengalamanku, semakin dewasa seorang anak, maka uang Lebaran yang didapat akan semakin sedikit. Apalagi kalau sudah SMA. Ketika aku masih TK, uang yang kudapat banyak. Saat SD bertambah banyak. Tapi SMP semakin sedikit, apalagi ketika SMK, menjadi sangat sedikit. Bisa dikatakan hanya cukup buat isi bensin dan ajak si dia jalan. Itupun kalau sudah habis, pasti kita akan menyesal.

Semakin dewasa seseorang, jumlah uang Lebaran yang didapat akan semakin sedikit dan menipis. Mitos atau fakta? Jangan ditanya lagi, sudah pasti fakta. Aku saja hanya mendapat uang Lebaran di umur 18 tahun. Saat umur 19 tahun, aku sudah tidak dapat uang lagi karena sudah kuliah sambil kerja. Kalau dikasih uang pun malu sama umur.

Uang Lebaran atau THR, itulah yang selalu dikejar dan diincar oleh anak-anak dari zaman dulu hingga sekarang. Terpikir olehku, apakah aku akan mendapat THR tahun ini? Sudah pasti jawabannya tidak karena aku sudah dewasa. Dan apakah kalian masih berharap untuk mendapatkan uang Lebaran dari sanak keluarga? Pastinya masih. Selagi masih muda, kenapa tidak? Karena uang ini akan selalu ada ketika Lebaran tiba, sama halnya seperti angpau di saat Imlek. (Tulisan ini dikirim oleh Ridho Adha Arie, Pekanbaru)