PM Najib: Kampanye "1Malaysia" Bukan Jiplakan

Mahathir Mohamad (tengah) bersama Najib Razak dan Abdullah Badawi
Sumber :
  • AP Photo/Lai Seng Sin

VIVAnews - Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak, menyesalkan adanya pernyataan bahwa slogan "1Malaysia" merupakan jiplakan dari negara lain. Menurut dia, konsep kampanye itu merupakan kreasi bangsa Malaysia sendiri.

"Tidak ada tempat lain di dunia ini yang memiliki slogan 1Malaysia, Utamakan Rakyat dan Kinerja" kata Najib seperti yang dikutip laman harian The Star, Selasa 21 Desember 2010.   Kendati tidak menyebut nama, pernyataan Najib itu merujuk kepada pemimpin kubu oposisi, Anwar Ibrahim, yang pernah melontarkan pernyataan kontroversial bahwa "1Malaysia" merupakan jiplakan dari negara lain, yaitu Israel.

Gara-gara pernyataan itu, Anwar diskors dari parlemen selama enam bulan. Menurut kantor berita Associated Press, keputusan itu diambil berdasarkan pemungutan suara para anggota parlemen, Dewan Rakyat, yang dikuasai oleh koalisi politisi pro pemerintah, Kamis 16 Desember 2010.

Anwar dituduh melakukan fitnah saat melontarkan pernyataan, yang mengaitkan kebijakan pemerintah dengan Israel. Kebijakan yang dimaksud adalah "1Malaysia," yaitu suatu kampanye pemerintah untuk mempromosikan persatuan rakyat Malaysia, yang terdiri dari berbagai etnis.

Kampanye itu diumumkan Najib pada 18 September 2008. Bagi Anwar, kampanye itu dirancang oleh suatu perusahaan konsultan, APCO Worldwide, yang pernah membuat konsep "One Israel" dalam suatu kampanye pemilu di negara Zionis itu pada 1999.

Sementara itu, seorang anggota parlemen, Razali Ibrahim, mengungkapkan bahwa Anwar sebenarnya telah diberi waktu selama dua hari untuk menjelaskan pernyataan kontroversial itu sebelum dia diskors.

"Dia [Anwar] tidak menggunakan kesempatan itu untuk menunjukkan bukti [yang menguatkan pernyataannya]," kata Razali, Senin kemarin, seperti yang dikutip kantor berita Bernama.

Menurut Razali, Anwar sebelumnya mengaku punya dokumen untuk mendukung pernyataannya. "Namun, dia tidak pernah menyerahkan bukti itu walau sudah diminta," kata Razali.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

Dia juga mengungkapkan, APCO Worldwide telah membantah tuduhan Anwar dengan menyatakan tidak pernah memberi ide kepada pemerintah  untuk membuat konsep "1Malaysia." Peran perusahaan itu hanya sebatas membantu meningkatkan layanan yang terkait dengan komunikasi. (sj)

Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Pengajuan amicus curiae yang dilakukan sejumlah tokoh ini heboh mencuat terkait dengan persidangan dalam pekara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024