Tokoh Pro-Demokrasi Mesir Ditangkap

Dua demonstran beraksi di ibukota Mesir, Kairo
Sumber :
  • AP Photo/Ben Curtis

VIVAnews - Tokoh pro-demokrasi Mesir, Mohamed ElBaradei, dikabarkan ditangkap di tengah demonstrasi besar-besaran menuntut Presiden Hosni Mubarak turun di Kairo, Jumat 28 Januari 2011.

Puluhan ribu massa tumpah di ibukota Mesir itu, usai salat Jumat. Massa ElBaradai yang berjanji akan menggelar demonstrasi damai dihajar pasukan keamanan dengan lemparan gas air mata dan tembakan peluru karet.

Laporan televisi Al Jazeera, seperti dikutip dari Arab Monitor, ratusan orang ditangkap dalam demonstrasi itu, termasuk tokoh-tokoh terkemuka Ihwanul Muslimin. Demonstrasi memuncak saat Elbaradei turut diamankan polisi.
 
Seperti dilansir dari laman Associated Press, pasukan keamanan juga memukuli para demonstran yang mendekat dengan tongkat. Demonstran juga harus berjuang menahan kencangnya semprotan meriam air.

Pasukan antiteror berpakaian tempur lengkap, dengan helm dan tameng, disiagakan di seluruh kota, termasuk di jembatan di atas sungai Nil dan persimpangan-persimpangan rawan lainnya.

Pasukan ini, dilansir dari laman CNN, sudah diturunkan di Kairo sebelum salat Jumat. Namun mereka sempat mengosongkan jalanan selama beberapa saat, sebelum akhirnya membentuk formasi.

Untuk mengatasi mobilisasi massa, pemerintah juga memblokir akses menuju jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Dua media sosial ini dianggap sebagai salah satu cara demonstran dalam mengumpulkan massa.

Demonstrasi besar yang berlangsung hari ini diperkirakan terbesar kedua di Mesir setelah 25 Januari lalu. Ditambah lagi dengan kepulangan Mohamed ElBaradei ke Kairo dan dukungan dari kelompok Ikhwanul Muslimin. Mereka bersama berdemonstrasi menuntut mengakhiri rezim Presiden Hosni Mubarak yang telah 30 tahun berkuasa.

ElBaradei merupakan tokoh populer di Mesir karena dikenal sebagai peraih Nobel Perdamaian dan beroposisi dengan pemerintahan Mubarak. Sedangkan Ikhwanul Muslimin dikenal sebagai musuh nomor satu pemerintah, sehingga dinyatakan sebagai kelompok terlarang. (hs)

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024
Chandrika Chika.

Chandrika Chika Ditangkap karena Kasus Narkoba, Netizen: Udah Benar Joget Papi Chulo Aja

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT, MJ, AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024