SBY Ajak ASEAN Cari Solusi Krisis Energi

Pidato Kemenangan Presiden SBY
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews -- Ketahanan pangan dunia dan energi, termasuk di negara-negara Asia Tenggara tengah terancam. Untuk itu, diperlukan kerjasama yang efektif antar negara ASEAN guna memastikan kesejahteraan rakyat.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pidato pembukaannya di KTT ASEAN ke 18 yang digelar di Jakarta pada Sabtu, 7 Mei 2011. SBY mengatakan bahwa bahwa masalah ketahanan pangan dan energi telah masuk ke ranah kompetisi global.

"Tidak perlu terlalu jauh memproyeksikan 10 sampai 20 (tahun) ke depan, saat ini saja kita tengah menghadapi harga pangan dan energi yang cenderung naik," ujarnya.

"Kompetisi untuk energi dan pangan, serta air bersih yang dapat diminum jadi kompetisi global," lanjutnya lagi.

Untuk mengatasi hal ini, SBY mengajak negara-negara ASEAN mencari solusi yang inovatif. Termasuk diantaranya adalah mencari sumber energi baru yang dapat terbarukan. Selain itu, penggunaan energi yang berdampak negatif pada lingkungan harus dapat dikurangi.

"Langkah cepatnya adalah dengan pembentukan Integrated Food Security Framework, utamanya pada penelitian dan pengembangan, termasuk sistem cadangan pangan di ASEAN untuk membantu petani keluar dari kemiskinan," ujar SBY.

Pasukan Berkuda dikerahkan

Sementara itu, pengamanan lokasi KTT di JCC diperketat. Setidaknya 6.000 personel dikerahkan untuk menjaga keamanan, baik dari personel TNI maupun Polri. Di JCC, yang merupakan ring I, penjagaan dilakukan oleh pasukan pengaman Presiden (Paspampres).

Sementara di Ring II yang meliputi kawasan Senayan, disebar pasukan TNI/ Polri di tiap sudut. Dari pantauan VIVAnews, belasan pasukan berkuda juga tampak berpatroli di ring II ini. Sementara itu, di Ring III yang meliputi kawasan luar senayan juga tampak dijaga oleh pasukan keamanan. (umi)

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan
WNA perempuan asal Jerman Laura Weyel - foto: Tangkapan Layar Instagram

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Video WNA perempuan asal Jerman viral di medsos bernama Laura Weyel merasa diperlakukan tidak adil oleh hukum Indonesia. Padahal nunggak sewa vila

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024