FOTO: Masa Jaya Moammar Khadafi

Pengawal molek Khadafi di Prancis
Sumber :
  • danbymp.com

VIVAnews -- Dulu, sebagian besar rakyat Libya menyebutnya pemimpin. Dia dielu-elukan dan ditunggu haru di seluruh penjuru negeri. Dialah Moammar Abu Minyar al-Khadafi alias Moammar Khadafi. Lahir di Surt tanggal  7 Juni 1942. Mati pada usia 69 tahun.

Ayah delapan anak ini meroket ke pucuk negeri kaya minyak itu  pada tahun 1969, sesudah melakukan kudeta tidak berdarah. Empat puluh dua tahun menguasai negeri itu, Khadafi kerap kali berjumpa dengan maut dan rajin menghimpun harta.  Khadafi mengoleksi begitu banyak mobil mewah dari berbagai merk dan model. Tapi di setiap istana dan vila mewahnya selalu ada ruang bawah tanah untuk berlindung dari musuh. (Baca: Mobil-mobil mewah Khadafi)

INFOGRAFIK: Extraordinary Mudik Gratis Naik Kapal Perang

Khadafi adalah pemimpin yang hidup di dua titik ekstrim. Kemewahan berlimpah ruah di satu sisi dan ketakutan yang luar biasa pada sisi yang lain. (Baca: Kemewahan di Balik Jubah Sang Kolonel)

Harta berlimpah dan hidup mewah juga dinikmati oleh anak-anak dan orang-orang di sekitar kekuasaan selama 42 tahun itu. Ada anaknya yang melimpahi pacar, seoang model Inggris, dengan berlian dan perhiasan rupa-rupa bentuk. (Baca: Orang-orang di sekitar Khadafi)

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Sejak tahun 1973, negerinya dikurung oleh dunia. Namun, Khadafi tetap kokoh. Ia sering tampil dengan jubah khasnya. Berpeci dan berkaca mata hitam. Namun, tak jarang dia tampil dengan seragam militer lengkap dengan segala atribut. Ia tampak gagah dan jaya di hadapan rakyatnya.

Namun, kejayaan itu mulai runtuh sejak Februari 2011. Rakyatnya terpecah. Sebagian dari mereka mulai berani menyebutnya sebagai diktator, mengikuti nomenklatur yang disematkan negara-negara Barat dan Amerika Serikat.

Perlawanan terhadap Khadafi itu terus berlanjut. Hingga pada akhirnya Khadafi tewas tertembak di Sirte, Kamis 20 Oktober 2011.

Lihat foto masa jaya Khadafi di sini.

Stevie Agnecya

Paranormal Ini Ngaku Tahu Ciri Pelaku yang Santet Stevie Agnecya: Jumlahnya 2 Orang

Seorang paranormal bernama Chaca Caroline secara terang-terangan mengaku tahu sosok pelaku yang mengirim santet kepada mendiang Stevie Agnecya hingga meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024