FOTO: Pertempuran di Kota Kelahiran Khadafi

Roket-roket dari anti Khadafi
Sumber :
  • REUTERS / Goran Tomasevic

VIVAnews - Penguasa Libya itu kini telah tewas di tangan rakyatnya sendiri. Penyerbuan tentara Transisi Nasional Libya (NTC) yang didukung oleh NATO di kota kelahirannya, Sirte, mengakhiri hidup Muamar Khadafi.

Padahal, berbagai spekulasi sebelumnya menyebutkan, diktator Libya itu melarikan diri ke luar negeri.

Ternyata, di tanah kelahirannya inilah dia bertahan dan hidupnya berakhir tragis. Ditembak, diarak bahkan ditelanjangi oleh rakyatnya sendiri.

Sebelum para pemberontak berhasil menewaskan Khadafi, berbagai pertempuran antara pemberontak dan pendukung Khadafi terjadi diberbagai daerah di Libya.

Terakhir, pertempuran sengit berlangsung di kota Sirte. Kota dimana menjadi benteng terakhir Khadafi dan pasukan loyalisnya mempertahankan diri.

Pertempuran pada Senin, 3 Oktober 2011 lalu, memperlihatkan betapa sengitnya. Serangan roket, saling bersahutan. Korban berjatuhan. Banyak rakyat sipil di kota tersebut memilih meninggalkan kota Sirte.

Akibat pertempuran tersebut, banyak bantuan kemanusiaan yang terlambat datang ke kota Sirte.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Lihat foto-foto pertempuran di kota Sirte pada 3 Oktober 2011 lalu, di sini.
Kamis, 20 Oktober 2011, ternyata menjadi hari terakhir Khadafi menghirup udara. Dia tewas mengenaskan dengan luka tembak di beberapa bagian tubuhnya.

Capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara buka puasa bersama Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Pasangan capres-cawapres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, menghadiri acara Peringatan Nuzulul Qur'an dan Buka Puasa Bersama Partai Golkar

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024