Mantan Presiden Filipina Menang Jadi Walikota Manila

Joseph Estrada
Sumber :
  • REUTERS/Romeo Ranoco
VIVAnews
Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
- Mantan Presiden Filipina, Joseph Estrada, hari ini terpilih menjadi Wali Kota Manila setelah menang Pemilu lokal. Kemenangan ini menjadi kebangkitan bagi Estrada, yang digulingkan dari kursi Presiden dan sempat dipenjara karena kasus korupsi.

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Menurut
Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024
SunStar , Estrada berhasil mengalahkan kandidat
incumbent
, yaitu Wali Kota Alfredo Lim. Estrada mendapat 288.058 suara, Lim 257.631 suara. 


Kepada para pendukung, Estrada berterimakasih karena mereka berhasil memenangkan "putra asli Manila" untuk memimpin Ibukota Filipina itu. "Hari ini kalian telah menunjukkan kelahiran kembali Manila sebagai Kota Ratu Pasifik, Mutiara dari Timur," kata Estrada.


"Ini adalah hari kemenangan tidak saja bagi Erap, namun juga bagi masyarakat Filipina, terutama kaum miskin Manila," kata Estrada, yang populer dengan panggilan Erap, seperti dikutip kantor berita
Reuters
. 


Politisi yang kini berusia 76 tahun itu dulunya dikenal sebagai bintang film yang populer. Dia pun sukses terjun ke gelanggang politik dan pernah menjadi wakil presiden sebelum akhirnya naik ke puncak kekuasaan menjadi presiden pada 1998.


Namun, tiga tahun kemudian, dia digulingkan dari kekuasaan melalui Revolusi Rakyat setelah pemerintahannya tercemar oleh skandal korupsi. Pengganti Estrada adalah Wakil Presiden Gloria Arroyo.


Estrada lalu ditahan selama hampir tujuh tahun sebelum akhirnya bebas pada 2007 berkat pengampunan dari Presiden Arroyo. Sejak itu, Estrada mulai memobilisasi kekuatan politiknya sehingga bisa menang pemilihan Walikota Manila.


Bagi kalangan pengamat, menjadi Walikota Manila merupakan posisi strategis yang bisa membuka kesempatan kepada Estrada untuk maju pada Pemilu Presiden 2016. Ini mengingat dia selama tiga tahun berikut akan memimpin kota terbesar dan terkaya di Filipina.  (eh)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya