Para Peneliti Gali Makam Keluarga Mona Lisa

Tim peneliti membongkar makam keluarga Mona Lisa.
Sumber :
  • Dailymail/Reuters
VIVAnews -
100 People Still Missing in Moscow Concert Hall Attack
Sekelompok tim peneliti yang terdiri dari geologis, Antonio Moretti dan ahli sejarah, Silvano Vinceti, pada Jumat 9 Agustus 2013 kemarin menggali satu makam yang dipercaya merupakan keluarga dari wanita yang ada di lukisan karya Leonardo da Vinci.

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Tulang belulang yang ditemukan di dalamnya diyakini merupakan milik dua anak dan suami wanita yang tergambar dalam lukisan Mona Lisa tersebut.
Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan


Dikutip dari Laman
Dailymail
, Minggu 11 Agustus 2013, para peneliti menggali makam keluarga wanita yang diyakini bernama Lisa Gherardini Del Giocondo di sebuah komplek pemakaman di Basilika Santissima Annunziata. Nantinya ketiga jenis tengkorak yang ditemukan para peneliti itu, akan diambil DNA nya kemudian dicocokan dengan DNA tengkorak lain yang digali tahun lalu di sebuah biara di Florence.


Tengkorak yang digali di Florence diyakini milik Lisa Gherardini, perempuan yang diduga sebagai model lukisan Mona Lisa karya maestro Leonardo da Vinci. Para peneliti itu terlihat melubangi lantai batu untuk dapat masuk ke dalam makam yang berada di Basilika Santissima Annunziata.


Menurut Vinceti, tim menggali makam tersebut karena tertulis di batu nisannya, kuburan tersebut masih berasal dari keluarga Lisa. Tim peneliti, dikatakan Vinceti, akan melakukan 14 tes karbon demi mengetahui fakta apakah beragam kumpulan tengkorak di Basilika Santissima Annunziata berhubungan dengan tengkorak Lisa.


"14 tes karbon akan membantu kami menentukan mana dari tiga tengkorak itu yang berasal dari tahun 1500an. Setelah mengetahui usia tengkorak, baru kami dapat melakukan tes DNA akhir," ungkap Vinceti.


Apabila tim peneliti mendapat hasil yang positif, maka Vinceti berniat untuk melakukan rekonstruksi terhadap wajah Lisa Gherardini berdasarkan struktur tulang yang ditemukan. Lalu dia akan membandingkan dengan model yang terdapat di lukisan Leonardo.


"Apabila kami sukses, maka kami dapat memecahkan tiga pertanyaan obsesi milik para sejarahwan dan pecinta seni di seluruh dunia," kata  Vinceti.


Pertanyaan pertama, apakah Lisa benar merupakan model dalam lukisan yang diberi nama Mona Lisa. Pertanyaan kedua, apakah wanita di dalam lukisan Leondardo tersebut merupakan wanita lain seperti yang dikatakan kebanyakan orang. Sedangkan pertanyaan ketiga, apakah wanita di lukisan itu hanya imajinasi Leonardo saja.


Lisa Gherardini diketahui merupakan istri seorang pedagang sutera yang tinggal di seberang jalan dekat kediaman Leonardo. Usai suaminya meninggal, Lisa kemudian memutuskan menjadi seorang suster. Dia wafat di tahun 1542 di usia 63 tahun dan dikuburkan di dekat altar biara.


Sementara sebagai seorang pelukis, Leonardo da Vinci dikenal oleh publik tidak hanya melalui Mona Lisa, tetapi juga lukisan Perjamuan Terakhir. Leonardo juga disebut banyak memikirkan beberapa peralatan modern seperti helikopter dan tank, ratusan abad sebelum benda itu akhirnya diproduksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya