PM Inggris Sambut Baik Pernikahan Gay Pertama di Inggris dan Wales

Pasangan gay
Sumber :
  • The Guardian

VIVAnews - Perdana Menteri Inggris, David Cameron, memberikan apresiasi pada pernikahan gay pertama di wilayah Inggris dan Wales pasca diberlakukannya aturan yang melegalkan pernikahan sesama jenis pada dini hari waktu setempat.

Menurut harian The Guardian, Sabtu 29 Maret 2014, menurut PM Cameron, aturan tersebut memberikan pesan yang kuat terkait kesetaraan di Inggris.

Aturan itu mulai diberlakukan dini hari waktu setempat, sejumlah pasangan gay saling berlomba agar bisa mengklaim menjadi pernikahan gay pertama di Inggris. Beberapa detik setelah aturan itu mulai diberlakukan, mereka saling menyatakan janji suci pernikahan.

PM Cameron mengatakan reformasi itu memang diperlukan. "Saat cinta terhalang hukum, maka hukum itu perlu diubah," ujarnya.

"Akhir pekan ini menjadi momen yang sangat penting karena kita bisa melakukan pernikahan terbuka untuk semua orang, dari jenis kelamin yang sama atau berlainan jenis," ujarnya kepada Pink News.

Parlemen Inggris diketahui mengesahkan UU Pernikahan Gay pada Juli tahun lalu dan pada 13 Maret tahun ini, untuk pertama kalinya pasangan gay bisa mendaftarkan pernikahan mereka. Pada  tanggal itu, aturan di Inggris dan Wales telah mengakui pernikahan sesama jenis yang dilakukan di luar negeri.

Sue Wilkinson (60 tahun) dan Celia Kitzinger (57 tahun) menikah di Kanada pada 2003 dan telah berjuang selama 8 tahun agar mendapatkan pengakuan dari pemerintah Inggris. Mereka memperjuangkan ke Pengadilan Tinggi pada 2006, namun hakim menolak untuk mengesahkan pernikahan mereka.

Tetapi, kini setelah diberlakukannya UU Pernikahan Gay, pernikahan mereka sah di mata hukum, satu menit lewat tengah malam pada 13 Maret lalu.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Kemajuan Sosial

Diantara pasangan gay memanfaatkan legalisasi UU itu yakni Peter McGraith dan David Cabrez. Mereka melakukan pernikahan di Islington town hall.

"Kami sangat gembira bisa menikah. Ini tanda kemajuan sosial yang signifikan di Inggris. Sangat sedikit negara yang melegalkan pernikahan kaum gay dan lesbian. Kami yakin perubahan aturan ini akan membawa harapan baru bagi kaum gay dan lesbian di Nigeria, Uganda, Rusia, India dan negara lain yang masih melakukan diskriminasi pernikahan," imbuhnya.

Pasangan gay lain, Brington dan Neil Allard yang mengadakan pernikahan di Royal Pavilion. Sementara itu, penyiar Sandi Toksvig dan pasangannya, Debbie Toksvig memperbarui pernikahan mereka di Royal Festival Hall pagi tadi. (ren)

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024