Kebakaran Hutan di California, AS

Percikan Listrik Alat Pembersih Jadi Penyebab

VIVAnews - Tim penyelidik menyatakan bahwa kebakaran hutan di Santa Barbara, negara bagian California, AS disebabkan percikan listrik dari alat pembersih tanaman. Kebakaran yang terjadi sejak Rabu pekan lalu, 5 Mei 2009, telah menghanguskan puluhan rumah dan lahan seluas 13 mil persegi.

Pemerintah California sedang mengumpulkan informasi untuk mengetahui pelaku yang membersihkan lahan di sekitar Jesusita pada Senin (4/5) sore dan Selasa pagi (5/5).

Api menghanguskan 31 rumah dan merusak 47 lainnya. Sekitar 30.000-an warga harus mengungsi. Semua pengungsi, kecuali 350-an orang yang tempat tinggalnya terletak paling dekat dengan kebakaran, telah diizinkan kembali ke rumah masing-masing pada Minggu karena pemadam sudah menjinakkan 55 persen api.

Sementara itu tim pemadam berterima kasih kepada penduduk yang telah melakukan antisipasi kebakaran dengan menebangi pepohonan yang mudah terbakar. "Lebih banyak rumah akan terbakar jika mereka tidak melakukan pencegahan," ujar kepala dinas pemadam Santa Barbara Tom Franklin.

Sekitar 4.500 pemadam berjuang menjinakkan api dengan memanfaatkan udara dingin pada Minggu (10/5). Mereka bekerja cepat karena khawatir udara panas dan angin kering yang dapat mendorong lidah api ke arah perumahan akan kembali berhembus pada Senin malam.

"Saat ini kami memiliki kesempatan untuk mematikan titik api karena angin akan kembali kencang dalam beberapa hari mendatang," kata deputi penanggulangan bencana Departemen Kehutanan dan Penanggulangan Kebakaran California Kelley Gouette. (AP)

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak
The All-New Citroen C3 Aircross

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Citroen secara resmi meluncurkan mobil SUV terbaru, The All New C3 Aircross pada hari ini untuk pasar Indonesia. Mobil ini hadir dengan berbagai fitur modern yang nyaman.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024