Kapal Perang Baru Indonesia Berlayar Pulang

KRI Rigel 933 bersandar di Malaga, Spanyol.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Miranti Hirschmann
VIVA.co.id
KRI Rigel-933, Kapal Perang Canggih TNI AL Bernilai Rp564 M
- Kapal Perang Indonesia yang baru, KRI Rigel 933, kembali melakukan perjalanan ke Indonesia setelah tiga hari berada di Malaga, Spanyol, pada 31 Maret-2 April 2015 lalu.

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Atase Pertahanan RI di Madrid, Kolonel Laut Agus Adriyanto pada VIVA.co.id, Sabtu, 4 April 2015, mengatakan Malaga menjadi pelabuhan pertama yang disinggahi KRI Rigel 933 dalam 47 hari perjalanan ke Indonesia.
Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah


Kapal perang terbaru RI itu merupakan satu dari dua kapal, yang dibeli Kementerian Pertahanan RI dari Prancis pada 2013, senilai $94 juta atau lebih dari Rp 1,2 triliun.


Kapal pertama telah diberikan nama KRI Rigel 933, dalam upacara pemberian nama oleh Menteri Pertahanan RI Jendral TNI (Purn) Ryamirzad Ryacudu, pada 11 Maret lalu di Prancis.


Kapal perang baru Indonesia itu telah meninggalkan galangan kapal OCEA Les Sables d´Olonne, untuk 47 hari perjalanan menuju Indonesia, dipimpin oleh Mayor Laut (P) Muhamad Wirda Prayogo sebagai komandan kapal.


Sementara kapal kedua diperkirakan rampung pada September 2015 mendatang. KRI Rigel 933 adalah kapal berteknologi modern, yang mampu melakukan survei bawah laut hingga kedalaman 1000 meter.


Kapal itu dilengkapi dengan peralatan survei hydro-oceanography, autonomous underwater vehicle yang berfungsi melakukan pencitraan bawah laut dan mengirimkan sinyal data secara periodik ke kapal.


Terdapat juga remotely operated vehicle atau robot bawah air dengan kamera, untuk mengambil material bawah laut. KRI Rigel 933 juga dilengkapi dengan fasilitas untuk 40 awak. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya