Total Dapat Kontrak Eksplorasi Minyak di Kuba

Presiden Prancis Francois Hollande bertemu pengusaha Kuba dan Prancis di Havana.
Sumber :
  • REUTERS/Yamil Lage
VIVA.co.id
Pertamina dan Total Segera Bahas Peralihan Blok Mahakam
- Raksasa minyak Prancis, Total, menandatangani perjanjian eksplorasi minyak lepas pantai, dengan perusahaan minyak Kuba, CubaPetroleo (Cupet), bersamaan dengan kunjungan Presiden Francois Hollande ke Havana, Senin, 11 Mei 2015.

Soal Blok Mahakam, Pemerintah dan Total Belum Tuntas

Dilansir
Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan
Reuters , Selasa, 12 Mei 2015, belasan perusahaan minyak asing telah melakukan eksplorasi di perairan Kuba selama bertahun-tahun, termasuk Total pada awal 1990an, namun belum berhasil menemukan minyak.


Selama lebih dari satu dekade terakhir, Kuba telah menegaskan bahwa Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) mereka, memilih cadangan lebih dari 20 miliar barel minyak bumi, yang belum ditemukan.


Kuba mengungkapkan data baru, pekan lalu, tentang miliaran barel minyak, di wilayah perairan Teluk Meksiko. Data Kuba itu dikonfirmasi oleh Survei Geologi AS (USGS), yang memperkirakan terdapat 5-7 miliar barel minyak.


Direktur Cupet, Roberto Suarez Sotolongo, mengatakan perusahaan minyak Venezuela (PDVSA) dan Rusia (Zarubezhneft) juga masih memiliki hak eksplorasi, di wilayah perairan Kuba.


Kuba berharap penemuan minyak lepas pantai, akan membebaskan mereka dari ketergantungan pada negara-negara lain, seperti Venezuela yang selama ini menjadi sekutu terdekat mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya