Tingkatkan Perdagangan, Menlu Vietnam Sambangi Indonesia

Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi bersama Menlu Vietnam Pham Binh Minh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Investor Vietnam Minati Agrikultur dan Migas Indonesia
- Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh pada hari ini menyambangi Indonesia untuk melakukan kunjungan kerja. Salah satu fokus kunjungan pejabat yang juga menduduki posisi sebagai Wakil Perdana Menteri itu yakni meningkatkan sektor perdagangan. 

Ekonomi Vietnam Tumbuh Pesat dalam Lima Tahun
Demikian ungkap Duta Besar RI untuk Vietnam, Mayerfas, di kantor Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat pada Kamis, 25 Juni 2015. Pagi tadi, Pham telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo. 

Ini Kronologi Penculikan Cecilia di Vietnam
Sementara, nanti sore baru digelar pertemuan bilateral antara kedua Menlu. Pertemuan bilateral keduanya telah digelar di Hanoi. 

"Kedua Menlu bertemu untuk meninjau kembali mengenai pelaksanaan kerja sama Indonesia dan Vietnam dalam berbagai bidang dalam jangka waktu tiga tahun terakhir. Apa-apa saja yang telah kita capai dan perlu diperkuat dan kalau belum, jalan apa yang perlu dilakukan agar kerja sama yang telah disepakati bisa berjalan dengan baik," kata Mayerfas. 

Di tempat yang sama, juru bicara Kemlu Arrmanatha Nasir mengatakan, nilai perdagangan kedua negara di tahun 2014 mencapai US$5,8 juta. 

"Vietnam kini menjadi salah satu pasar nomor 3 terbesar di ASEAN. Jadi Vietnam juga mitra penting bagi Indonesia," kata diplomat yang akrab disapa Tata itu. 

Kunjungan Menlu Pham ke Indonesia juga bertepatan dengan 60 tahun peringatan hubungan diplomatik kedua negara. Indonesia pun memiliki kedekatan dengan Vietnam lantaran menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan negara sosialis itu. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya