Merayakan HUT RI di Los Angeles dengan 'Pakta Anti-Korupsi'

Sebuah aktivitas di KJRI Los Angeles, Amerika Serikat
Sumber :
  • KJRI Los Angeles

VIVA.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, Konsulat Jenderal RI di Kota Los Angeles menggelar Upacara Bendera pada hari Senin (17/8) waktu setempat di lapangan parkir gedung KJRI Los Angeles. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Konsul Jenderal RI Los Angeles, Umar Hadi.

KPK-MA akan Diskusi Surat Edaran Korupsi Sektor Swasta

Menurut siaran pers KJRI Los Angeles, upacara itu diikuti seluruh jajaran KJRI serta sejumlah perwakilan masyarakat Indonesia di Kota Los Angeles dan sekitarnya.

Pada rangkaian akhir agenda Upacara Bendera, dilakukan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh jajaran KJRI Los Angeles. Menurut Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Umar Hadi, penandatanganan Pakta Integritas tersebut merupakan wujud komitmen KJRI Los Angeles untuk mewujudkan zona integritas menuju pelayanan prima, wilayah bebas korupsi, dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di KJRI Los Angeles.

Indeks Masyarakat Anti korupsi Mulai Turun pada 2015

"Melalui penandatanganan Pakta Integritas tersebut, segenap jajaran KJRI Los Angeles menyatakan komitmen untuk bersikap transparan, jujur, objektif, dan akuntabel dalam menjalankan tugas," kata Umar.

Dalam pakta itu, lanjut Umar, mereka juga berjanji tidak menerima pemberian apa pun yang terkait dengan pemenuhan tanggung jawabnya, serta menghindari terjadinya pertentangan kepentingan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Pakta Integritas dan pencanangan Zona Integritas tersebut, akan dibentuk pula mekanisme pelaporan gratifikasi, pengaduan masyarakat, dan pengukuran kepuasan publik.

Menurut Umar, penandatanganan Pakta Integritas tersebut juga merupakan bentuk dukungan KJRI Los Angeles terhadap program tata kelola pemerintahan yang baik Kementerian Luar Negeri, yang merupakan bagian dari program utama Kemlu.

Bagir Manan: Pemidanaan Gagal Cegah Orang untuk Korupsi

Komitmen Kemlu untuk mewujudkan good governance tersebut telah diwujudkan melalui penandatanganan Pakta Integritas pada bulan Desember 2014 oleh Menteri Luar Negeri RI dan para Pejabat Eselon I Kemlu yang mencanangkan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Kemlu.

Rangkaian acara Upacara Bendera tersebut dilanjutkan dengan acara ramah tamah keluarga besar KJRI Los Angeles dengan masyarakat Indonesia, serta sesi foto bersama.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi

Pejabat Ini Jadi Ikon Game Antikorupsi

Game ini mendukung kreativitas dan pendidikan antikorupsi anak-anak.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2016