Tes Senjata, Kapal Iran Luncurkan Rudal Dekat Kapal AS

Kapal Induk Amerika Serikat, USS Nimitz.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
2-3-1969: Militer Soviet dan China Terlibat Baku Tembak
- Kapal Iran melakukan tes senjata dengan menembakkan roket tak jauh dari tiga kapal pereang AS, termasuk kapal pengangkut USS Harry S. Truman, pekan lalu.

KTT AS-ASEAN, Pertemuan Besar Bermakna Ganda

Diberitakan oleh
Intelijen AS Sebut Anggota ISIS Makin Berkurang
Al Arabiya, Rabu, 20 Desember 2015, roket tersebut tak mengenai kapal apa pun, namun jaraknya yang terlalu dekat dengan kapal perang AS, juga beberapa kapal lain, menimbulkan kekhawatiran.


"Kami melihat aksi penembakan yang jaraknya begitu dekat dengan kapal perang ini sebagai sebuah aksi yang provokatif," kata petugas militer yang meminta namanya dirahasiakan.


Petugas tersebut juga mengatakan, salah satu roket bahkan hanya berjarak sekitarĀ  1,5 km dari kapal USS Truman yang sedang transit di Selat Hormuz. Sebuah kapal pengawal milik Prancis, dan kapal penghancur USS Bulkeley juga berada di sekitar area.


Insiden itu terjadi pada 26 Desember 2015, tak lama setelah Angkatan Laut mengumumkan via radio mereka akan melakukan latihan sungguhan dan meminta kapal-kapal yang berada di sekitar lokasi untuk menjauh.


Petugas itu juga mengatakan, sebuah roket yang tak terarah ditembakkan oleh kapal Iran dengan sangat cepat menuju perairan pantai dari laut Oman. Namun kapal Amerika itu tak mengelak, kata petugas.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya