Florida Keluarkan 'Perintah Khusus' Terkait Virus Zika

Gubernur Florida, Rick Scott
Sumber :
  • www.bilerico.com

VIVA.co.id - Gubernur Negara Bagian Florida, Rick Scott, menandatangani sebuah perintah khusus pada Rabu yang menyatakan keadaan darurat kesehatan di empat wilayah di Florida. Upaya itu dilakukan karena sembilan orang telah terinfeksi virus Zika.

Mengutip Sputniknews, Kamis, 4 Februari 2016, perintah darurat ini dikeluarkan, karena dalam beberapa pekan terakhir, penyebaran Zika telah meningkat di sejumlah negara bagian Amerika, Karibia, dan Pasifik. Akibatnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan status keadaan darurat global.

Cegah Virus Zika, Jawa Timur Bentuk Tim Reaksi Cepat

"Di Florida tercatat sembilan kasus terinfeksi Zika. Penyebarannya berasal dari warga luar Florida. Daerah yang terkena yaitu Miami-Dade, Hillsborough, Lee, dan Santa Rosa Counties," kata Scott, yang merupakan politisi Partai Republik.

Ia lalu memerintahkan Direktur Rumah Sakit Nasional, John Armstrong untuk menyatakan keadaan darurat kesehatan di empat daerah yang terjangkit virus Zika.

2,6 Miliar Orang Berisiko Terkena Zika

Kendati demikian, Scott menegaskan bahwa Florida tetap waspada dan sudah menjalin komunikasi intensif dengan dinas kesehatan di seluruh negara bagian, dan tentunya, Pusat Pengendalian Penyakit Federal (CDC).

'Masyarakat tidak usah panik dan khawatir. Kami akan melakukan yang terbaik meskipun harus menghadapi situasi terburuk sekali pun," tutur Scott.

Tiga Kasus Virus Zika Kembali Ditemukan di Florida
Hingga kini, belum ada vaksin untuk mengobati virus Zika, yang diduga menimbulkan risiko terbesar untuk janin yang belum lahir. Virus Zika dapat menyebabkan kerusakan otak parah pada bayi baru lahir, yang dikenal sebagai mikrosefali.
Nyamuk Aedes Aegipty, penyebab Virus Zika.

Membedakan Gejala Virus Zika dengan Demam Berdarah

Timbulnya mata merah dan skin rash atau ruam kulit

img_title
VIVA.co.id
8 September 2016